SOLOPOS.COM - Fahri Hamzah di acara Mata Najwa bertajuk "Menteri Terjaring Lobster", Rabu (25/11/2020). (Youtube/@Najwashihab)

Solopos.com, JAKARTA — Eks politikus PKS yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah menyebut tiket calon presiden (capres) untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sudah dikuasai oligarki.

Padahal, seharusnya tiket capres diambil dari perolehan suara pemilu terbaru yakni tahun 2024 melalui perolehan suara parpol.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Kita harus bereskan tiket palsu atau tiket kedaluwarsa itu, setelah itu baru masalah electoral threshold pada pemilu terbaru di 2024,” kata Fahri melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/4/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Mantan Wakil Ketua DPR itu mengatakan ambang batas dari hasil pemilu legislatif (Pileg) 2024 akan menjadi tiket baru.

Alasannya, electoral threshold itu adakah syarat kemenangan, bukan syarat maju menjadi capres.

Baca Juga: Demo BEM UI Hari Ini: Negara Telah Dikuasai Oligarki!

“Di seluruh dunia itu tidak ada threshold dijadikan syarat maju menjadi capres, tapi syarat kemenangan. Kalau syarat maju seperti di Amerika Serikat melalui konvensi dari tingkat bawah sampai tingkat tertinggi,” katanya.

Namun berbeda dengan Indonesia, suatu partai tanpa syarat bisa mencalonkan pada putaran pertama. Dengan demikian tidak ada calon dari independen, semua capres mengunakan kendaraan partai politik.

“Akan menjadi rumit (calon independen), karena partai politik juga ingin menang sebagai bentuk keterpilihan dari masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Oligarki Makin Menguat pada Pemilu 2024

Dengan demikian, semua bisa maju melalui partai politik hasil pemilu terbaru pada 2024. Tiket terbaru inilah yang membuat semua pihak yang diunggulkan bisa diusung oleh partai politik untuk maju dalam capres 2024.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Wakil Ketua Umum Partai Gelora: Tiket Capres Pilpres 2024 Sudah Diborong Para Oligarki”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya