Fadia Arafiq, Pedangdut dan Putri A Rafiq yang Jadi Bupati Pekalongan

Fadia Arafiq yang menjabat sebagai Bupati Pekalongan adalah putri mendiang pedangdut senior A. Rafiq ini yang melejit karena single-nya yang berjudul Cik Cik Bum pada tahun 2000 silam.
Fadia Arafiq, Pedangdut dan Putri A Rafiq yang Jadi Bupati Pekalongan
SOLOPOS.COM - Fadia Arafiq, Bupati Kabupaten Pekalongan 2021-2026 (Sumber: Detik.com)

Solopos.com, PEKALONGAN – Kabupaten Pekalongan merupakan satu-satunya wilayah di Jawa Tengah yang memiliki Kepala Daerah dari kalangan pesohor. Dia adalah Fadia Arafiq, putri mendiang pedangdut senior A. Rafiq yang populer dengan single-nya yang berjudul Cik Cik Bum pada tahun 2000 silam.

Mengutip situs Pekalongankab.go.id, Senin (20/9/2021), wanita yang lahir dengan nama Laila Fathiah ini lahir di Jakarta, 23 Mei 1978. Meskipun bukan asli Kabupaten Pekalongan, bahkan bukan berasal dari daerah manapun di Jawa Tengah, namun Fadia menyelesaikan studi kuliahnya dari Strata-1 hingga Strata-2 di Semarang dan bahkan dirinya mengawali karier politiknya di kabupaten yang berada di jalur pantura Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Karier politiknya berawal pada tahun 2011 lalu di mana dirinya menjadi Waki Bupati Pekalongan periode 2011-2016 mendampingi Amat Antono. Setelah itu dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Golkar di Kabupaten Pekalongan serta Ketua KNPI Jawa Tengah periode 2016-2021.

Mengutip Detik,com, pada  Pilkada serentak tahun 2020 lalu, Fadia yang merupakan istri dari pedangdut asal negeri Jiran Ashraff Khan yang dikenal lewat lagu Sharmilla ini mencalonkan diri menjadi Calon Bupati Pekalongan bersama dengan Ketua DPD PDIP Kabupaten Pekalongan, Riswadi sebagai Calon Wakil Bupati periode 2021-2026.

Dalam pencalonannya, dirinya diusung oleh Partai Golkar dan didukung oleh koalisi partai lainnya, seperti PDIP dan PAN. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diadakan pada 9 Desember 2020 lalu akhirnya memenangkan pasangan Fadia dan Riswadi dengan presentase 57,60 persen, mengalahkan lawannya yang merupakan Calon Bupati Petahana, Asip Kholbihi.

Baca Juga: Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat itu yang datang berpartisiasi ada sekitar 523.583 suara dari total DPT keseluruhan, yaitu 720.654. Mengutip dari Jatengprov.go.id, pasangan Fadia dan Riswadi ini resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pekalongan pada 27 Juni 2021.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja. Pelantikannya dinilai tidak biasa karena dilakukan saat hari libur. Bagi Ganjar, hal ini merupakan sebuah pengingat bahwa menjabat sebagai Kepala Daerah itu mengayomi dan melayani rakyat dengan setia dan dalam kondisi apapun dan tidak kenal hari (meskipun hari libur).

Setelah pelantikan, Fadia yang merupakan ibu dari enam orang anak ini mengatakan bahwa dalam program kerjanya ke depan, dirinya dan wakilnya akan menekankan pelayanan yang mudah, murah dan cepat dan akan benar-benar dirinya wujudkan di Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga: Nikmatnya Glotak Tegal, Makanan Unik Khas Kota Bahari, Pernah Coba?

Dia juga akan fokus membantu rakyat kecil yang terdampak pandemi melalui kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu dirinya juga memastikan ketersediaan media sosial dan nomor kontak pada masyarakat sebagai upaya tindakan responsif yang cepat.

Dalam hal ini, Ganjar berpesan kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Fadia-Riswadi untuk terus berupaya dalam penanganan wabah Covid-19. Keduanya diminta untuk memetakan data epidemologis di wilayahnya sampai tingkat RT dan menerapkan 5 M dan menggencarkan program 3T.

Dalam hal ini, pasangan Fadia dan Riswadi siap melaksanakan perntah Ganjar itu dan berjanji akan bekerja optimal untuk melayani masyarakat Pekalongan. Acara pelantikan ini digelar secara luring dan daring. Untuk luring, tamu yang hadir dibatasi dan semuanya menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago