[ X ] CLOSE

Factory Sharing, Harapan Perajin Mebel Sragen Tingkatkan Mutu Produk

Factory sharing atau rumah produksi bersama menjadi ikhtiar pemerintah agar pengrajin mebel dan furnitur di Kalijambe, Sragen, bisa berkembang.
Factory Sharing, Harapan Perajin Mebel Sragen Tingkatkan Mutu Produk
SOLOPOS.COM - Infografis Factory Sharing (Solopos/Rahmanto Iswahyudi)

Solopos.com, SRAGEN — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) akan membangun factory sharing alias rumah produksi bersama bagi perajin mebel di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Pembangunan factory sharing ini akan dilakukan tahun depan.

Factory sharing ini dikhususkan untuk memproduksi mebel dan furnitur yang menjadi salah satu produk unggulan Sragen. Lokasi rumah produksi bersama atau factory sharing ini adalah di Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong. Menempati lahan seluas 7.000 meter persegi, proyek pembangunan factory sharing ini akan menelan biaya Rp13 miliar.

Pemerintah melihat factory sharing ini menjadi solusi untuk meningkatkan mutu produk mebel dan furnitur di Sragen, terutama di Gemolong yang menjadi sentra UKM mebel dan furnitur. Mengusung konsep kolaborasi, keberadaan factory sharing ini diharapkan bisa menekan biaya produksi sehingga meningkatkan daya saing. Ini karena biaya produksi tidak ditanggung sendiri oleh tiap pelaku UMK, namun disangga bersama-sama.

 

Infografis Factory Sharing (Solopos/Rahmanto Iswahyudi)
Infografis: Rahmanto Iswahyudi
Kata Kunci : Infografis #espospedia


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago