SOLOPOS.COM - Infografis Factory Sharing (Solopos/Rahmanto Iswahyudi)

Solopos.com, SRAGEN — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) akan membangun factory sharing alias rumah produksi bersama bagi perajin mebel di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Pembangunan factory sharing ini akan dilakukan tahun depan.

Factory sharing ini dikhususkan untuk memproduksi mebel dan furnitur yang menjadi salah satu produk unggulan Sragen. Lokasi rumah produksi bersama atau factory sharing ini adalah di Desa Kragilan, Kecamatan Gemolong. Menempati lahan seluas 7.000 meter persegi, proyek pembangunan factory sharing ini akan menelan biaya Rp13 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemerintah melihat factory sharing ini menjadi solusi untuk meningkatkan mutu produk mebel dan furnitur di Sragen, terutama di Gemolong yang menjadi sentra UKM mebel dan furnitur. Mengusung konsep kolaborasi, keberadaan factory sharing ini diharapkan bisa menekan biaya produksi sehingga meningkatkan daya saing. Ini karena biaya produksi tidak ditanggung sendiri oleh tiap pelaku UMK, namun disangga bersama-sama.

 

Infografis Factory Sharing (Solopos/Rahmanto Iswahyudi)
Infografis: Rahmanto Iswahyudi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya