[ X ] CLOSE

Exit Toll Sambungmacan Sragen Ditarget Beroperasi Awal 2021

Plt Bupati Sragen meminta permasalahan nonteknis pembebasan lahan bisa terselesaikan.
Exit Toll Sambungmacan Sragen Ditarget Beroperasi Awal 2021
SOLOPOS.COM - Acara mediasi pembebasan lahan jalan tol di Aula Sukowati Setda Sragen, Rabu (7/10/2020). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sragen Dedy Endriyatno menginginkan interchange atau exit toll di Sambungmacan, Sragen, bisa dioperasionalkan pada awal 2021.

Untuk mendukung target pengoperasian exit toll tersebut, Plt Bupati Sragen meminta permasalahan nonteknis pembebasan lahan bisa terselesaikan. Bila polemik pembebasan lahan tak kunjung selesai maka bangunan yang terkena jalur exit toll tersebut bisa dirobohkan untuk kepentingan publik.

Penjelasan Dedy tersebut terungkap dalam mediasi pembebasan lahan yang tinggal satu petak antara pihak pemilik lahan dan penyewa lahan yang belum selesai dan masih dalam proses sidang perdata di Pengadilan Negeri (PN) Sragen.

Ini Lho Aksi Manusia Silver yang Bikin Resah Pengguna Jalan di Klaten

Dalam mediasi yang dihadiri Badan Pertanahan Nasional (BPN), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), pihak tergugat dan penggugat, serta stakeholders terkait masih menemukan jalan buntu. Mediasi pun dilanjutkan secara tertutup lewat jalan kekeluargaan.

"Perkara perdata itu membutuhkan waktu lama maka pekerjaan harus tetap dikerjakan dan tidak boleh ada hambatan. Awal Januari 2021, exit toll Sragen Timur itu harus bisa dioperasionalkan. Dalam waktu dekat bisa dilakukan penggusuran bangunan. Sebenarnya kami berharap perkara perdata itu bisa selesai,” ujarnya.

Menumbuhkan Iklim Investasi

Dedy menyampaikan adanya exit toll di Sambungmacan itu diharapkan bisa menumbuhkan iklim investasi di wilayah Sragen Timur.

Waspada! 9 Kecamatan di Karanganyar Ini Rawan Bencana Longsor

Dia berharap exit toll itu berada di dekat akses ke Tangen supaya bisa menumbuhkan perekonomian di wilayah utara Bengawan Solo, seperti Tangen dan Jenar. Namun, lokasi itu ternyata berada di wilayah Sambungmacan.

Sementara itu, Direktur Teknik Operasi PT JSN, Tori Ayanda, saat ditemui Solopos.com, Rabu siang, menyampaikan progress pekerjaan exit toll Sragen Timur sudah selesai 65%. Dia menyampaikan target penyelesaian proyek tersebut pada awal 2021.

"Kami berharap mediasi itu bisa selesai. Kami akan mengikuti kebijakan Pak Plt Bupati. Exit toll Sragen Timur itu merupakan interchange. Untuk detailnya harus meminta data dari tim teknis," ujar Tori yang baru menjabat Direktur Teknis Operasi PT JSN sepekan terakhir.

Sambil Joget Tiktok, Bidan ini Beri Reaksi Menohok Terkait Omnibus Law



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago