SOLOPOS.COM - Robin van Persi

Robin van Persi

Robin van Persi

Sebelum Euro 2012 dimulai, muncul perdebatan tentang siapa di antara dua striker kelas atas Belanda yang bakal jadi pencetak skor terbanyak, Robin van Persi atau Klaas-Jan Huntelaar. Pertanyaan yang muncul saat itu bukanlah apakah mereka akan mencetak skor?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun begitu melihat tim berjuluk Oranye itu kalah 0-1 dari Denmark, perdebatan dulu itu mengalami distrosi. Pertanyaan yang sebelumnya tak pernah muncul itu kini justru memekakkan telinga.

Ekspedisi Mudik 2024

Van Persi yang menyandang sebagai top skor Liga Premier Inggris musim lalu seolah kehilangan sentuhannya melawan Tim Dinamit, Denmark. Huntelaar, pencetak gol terbanyak Bundesliga Jerman, yang turun dari bangku cadangan, pun gagal mewujudkan ekspektasi.

Tapi nasib buruk itu bukan hanya menimpa Oranye saja, tapi juga Portugal yang kalah dari Jerman dengan skor yang sama. Sang mega bintang Portugal pencetak 46 gol bagi Real Madrid musim lalu, Cristiano Ronaldo, juga gagal menunjukkan ketajamannya.

Keempat tim itu berada di Grup B yang selama ini disebut grup neraka. Seharusnya yang bekerja keras itu adalah lini belakang, bukan striker.
Meski banyak tim besar yang juga mengalami kesulitan di babak penyisihan grup, namun tak ada yang lebih buruk ketimbang Belanda. Mereka menghasilkan banyak peluang, tapi tak ada satu pun yang berbuah gol.

“Itu bukan kesalahan Van Persie semata. Ada empat, lima, enam pemain yang juga menciptakan banyak peluang (namun gagal mencetak skor),” ungkap Bert van Marwijk, seperti dilansir dailystar.com, Senin (11/6) WIB.

Sementara lawan mereka, Denmark, begitu efektif melakukan serangan. Tim Dinamit ini hanya melepaskan delapan tendangan namun semuanya mengarah ke gawang. Bandingkan dengan Belanda yang melepaskan 28 tendangan dan hanya delapan saja yang mengarah ke sasaran.

Hebatnya lagi, dari delapan peluang itu Denmark berhasil mengonversi salah satunya menjadi gol lewat aksi menawan Michael Krohn-Dehli. Ia melewati dua bek Belanda sebelum mengecoh kiper Maarten Stekelenburg dari sudut yang sulit.

“Ajaib melihat bagaimana Denmark menang,” ungkap bek Belanda, John Heitinga.

Jika mencetak gol ke gawang Denmark saja sulit bagi Belanda, apalagi saat melawan Jerman. Tak ada jaminan Van Persie maupun Huntelaar bakal mencetak skor. Tapi dengan motivasi yang lebih tinggi pascakekalahan lalu, kedua striker ini pun bukan tidak mungkin akan membombardir gawang Der Panzer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya