SOLOPOS.COM - Serge Gnabry (Twitter-@DFB_Team_EN)

Solopos.com, TALINN — Penggawa Timnas Estonia barangkali masih menyimpan keringat dingin ketika menjamu Jerman dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Le Coq Arena, Senin (14/10/2019) dini hari WIB.

Tepat empat bulan silam, Estonia dipaksa mencatat sejarah kelam dalam persepakbolaan mereka ketika bertandang ke markas Tim Panser di OPEL Arena, Mainz. Tim berjuluk Sinisargid (Baju Biru) itu luluh lantak digelontor delapan gol tanpa balas oleh Jerman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ini menjadi kekalahan terbesar Estonia sepanjang sejarah setelah mereka dikuliti Finlandia dengan skor 2-10 di Helsinki, Agustus 1922. Kekalahan telak atas Jerman pun membuat Martin Reim mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih.

Memori pahit ini wajib dibuang jauh penggawa Estonia yang kini dilatih Karel Voolaid agar tidak terjadi pembantaian jilid kedua. Melihat tim tamu yang berambisi segera mengamankan tiket ke putaran final Euro 2020, bukan tak mungkin Estonia bakal menjadi bulan-bulanan seperti pertemuan pertama di Mainz.

Moncernya Gnabry belakangan ini menjadi salah satu alasan kenapa Estonia perlu amat memperhatikan pertahanannya. Striker Bayern Munich itu telah mencetak enam gol bagi Tim Panser selama 2019, membuat rekor gol internasionalnya menjadi 10 gol dari hanya 11 caps.

Penyerang 23 tahun itu juga mencetak lima gol dari tiga laga terakhir Bayern. Eks striker Arsenal itu turut menyumbangkan dua gol saat Jerman berpesta gol ke gawang Estonia. Meski di atas angin, Gnabry tetap menaruh respek pada Estonia.

“Kami tetap tidak boleh meremehkan siapa pun. Estonia tetap akan berusaha mencetak gol untuk pendukungnya. Mereka pasti akan tetap menyulitkan,” ujar Gnabry dilansir Bundesliga, Sabtu (12/10/2019).

Masalahnya daya ledak Jerman tetap terlalu tangguh bagi Estonia yang belum pernah menang sepanjang Kualifikasi Piala Eropa 2020, hanya mencetak dua gol dan kebobolan 18 gol dari enam pertandingan. Apalagi Pelatih Joachim Low sudah dapat menurunkan Timo Werner yang absen karena sakit ketika Jerman ditahan imbang Argentina 2-2 di uji coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya