SOLOPOS.COM - Logo PON 2021 di Papua. (ponxx2020papua.com)

Solopos.com, JAKARTA – Olahraga elektronik alias esport resmi menjadi cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021.

Dalam cabang esport PON Papua 2021, ada empat game yang akan dipertandingkan. Empat game tersebut adalah Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Lokapala.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, Gloria Famiela, mengatakan dalam agenda olahraga tersebut akan ada empat game esport yang akan digelar.

Baca juga: Sanggar Panguripan, Wadah Difabel Wonogiri Mencapai Kemandirian Ekonomi

Setiap atlet nantinya akan bersaing di game yang memiliki tema Battle Royale, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), dan Sepak bola daring.

“Total akan ada empat game yang akan dipertandingkan, di antaranya Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends dan Lokapala,” ujarnya dalam konferensi virtual, Jumat (20/8/2021), seperti dikutip Bisnis.com.

Dia menjelaskan mulai 18 Agustus 2021 atlet sudah dapat melakukan pendaftaran untuk tiga game yaitu Free Fire, eFootball PES 2021, dan Mobile Legends. Sedangkan untuk game lokal Lokapala, panitia tengah dalam tahap pembahasan teknis dengan pihak pengembang, yaitu Anantarupa.

Baca juga: 7 Cara Mempercantik Halaman Rumah Supaya Terlihat Sumringah

Dibagi 3 Babak

Gloria menjelaskan pertandingan esport PON Papua 2021 akan dibagi menjadi tiga babak. Pertama, dimulai dengan babak kualifikasi yang akan mencakup 34 provinsi dengan 514 kota/kabupaten.

Untuk kualifikasi akan dilakukan melalui tiga cabang game terlebih dahulu, yaitu Free Fire, eFootball PES 2021, dan Mobile Legends. Esport pada PON Papua 2021 akan berlangsung dari 26 Agustus-5 September 2021 sampai panitia mendapatkan satu tim terbaik dari setiap provinsi.

Baca juga: Target Atta Halilintar Tercapai, This Is Indonesia Ditonton 10 Juta Orang

Setelah itu, akan ada pra-PON di fase kedua untuk mempertemukan atlet dari 34 provinsi. Semua tahap perlombaan dilakukan secara daring.

Seleksi fase kedua untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik game Free Fire, lima provinsi terbaik game Mobile Legends, dan eFootball pes. “[Pertandingan] Ini berlangsung dari tanggal 7-14 September,” kata dia.

Gloria melanjutkan seluruh tim yang lolos akan diterbangkan ke Papua dan bergabung dengan tim tuan rumah. Para atlet nantinya bertanding di event utama yang mengusung tema Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Event utama bakal digelar pada 22-26 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya