SOLOPOS.COM - Guguran Lava Pijar Gunung Merapi tanggal 15 Januari 2021 jam 23.41 WIB difoto dari jarak 17 km dari Puncak Merapi. (Instagram/@merapiupdate)

Solopos.com, YOGYAKARTA -- Erupsi Gunung Merapi kembali terjadi hari ini. Berdasarkan laporan aktivitas per enam jam mulai pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB tercatat terjadi tiga kali luncuran awan panas guguran.

"Terjadi 3 kali awan panas guguran Gunung Merapi pada tanggal 20 Januari 2021 pukul 00.59, 05.12, dan 05.35 WIB," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam keterangannya, Rabu (20/1/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Viral Indonesia Dilarang Lapar: Pemilik Kafe Adu Mulut dengan Oknum Polisi

Dilansir detik.com, Hanik menjelaskan awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 13 hingga 21 milimeter dan durasi 116 hingga 198 detik. Arah luncuran, menurut dia, ke sektor barat daya.

Ekspedisi Mudik 2024

"Luncuran teramati ke arah barat daya dengan jarak luncur awan panas sejauh 700 hingga maksimal 1.200 meter," beber dia.

Covid-19 Pertahankan Ekonomi & Bisnis Digital Tumbuh 2021

Hanik melanjutkan selain kejadian awan panas, dalam kurun waktu enam jam juga teramati puluhan kali guguran lava pijar yang juga mengarah ke sisi barat daya.

"Teramati 47 kali guguran lava pijar dengan jarak maksimum 1.000 meter ke arah barat daya," ungkapnya.

Gempa Tektonik

Pada kesempatan itu,  BPPTKG juga mencatat kegempaan di Gunung Merapi dalam periode 6 jam meliputi gempa guguran sebanyak 36 kali, gempa fase banyak 1 kali, dan gempa tektonik jauh sebanyak 1 kali.

Hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Merapi di tingkat Siaga (Level III).

Keluarga 6 Laskar FPI Protes Ketua Komnas HAM, Mengapa?

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya