SOLOPOS.COM - Tim SAR Swiss mencari sosok Emmeril Khan Mumtadz yang hilang terseret arus Sungai Aare di Bern Swiss sejak Kamis (26/5/2022). (Bisnis/Kemlu.go.id)

Solopos.com, JAKARTA—Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Dharmansyah Hadad bersama adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, menemui kepolisian di Bern, Swiss.

Mereka bertemu pada Jumat (3/6/2022) menanyakan informasi terkait pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, sejak 26 Mei 2022 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Dubes RI Muliaman, kepolisian Swiss akan terus melanjutkan pencarian Eril. “Polisi menyatakan akan terus melanjutkan pencarian,” kata Muliaman dalam konferensi pers secara daring yang dipantau dari Jakarta, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Bikin Haru, Pesan Atalia Kamil: Ril, Mamah Pulang Dulu ke Indonesia Ya…

Polisi Bern mengatakan akan terus melanjutkan pencarian dan mereka juga telah mengerahkan petugas khusus yang memiliki keahlian mencari di Sungai Aare dengan menggunakan beragam metode.

Metode pencarian tersebut antara lain melalui patroli darat, patroli air, pengintaian dengan drone, penggunaan alat peneropong bawah air, serta penyelaman. Polisi juga mengerahkan anjing pelacak untuk membantu pencarian.

“Metode pencarian selalu disesuaikan dengan perubahan cuaca di lokasi dan kondisi air di Sungai Aare,” kata Dubes RI Muliaman.

Baca Juga: Momen Ridwan Kamil Ajak Adik Eril saat Ngantor Lagi di Gedung Sate

Lingkup area pencarian mulai dari titik awal Eril berenang di Schoenausteg, kemudian di area Marzili hingga pintu air Engehalde, serta area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee, yang jaraknya sekitar 29 km.

Dari area yang luas tersebut, kata Dubes RI Muliaman, polisi memeriksa tempat-tempat yang memungkinkan penemuan Eril di sepanjang Sungai Aare, dan menentukan titik utama pencarian secara intensif.

Sementara itu, kendala utama proses pencarian adalah kondisi Sungai Aare yang dinamis, misalnya cuaca. Dalam beberapa hari terakhir turun hujan dan badai di beberapa lokasi di Swiss.

Baca Juga: Eril Belum Ditemukan, Dubes RI dan Adik Ridwan Kamil Temui Polisi Bern

Eril dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022. Menurut pernyataan polisi setempat, kata Dubes RI Muliaman Eril mengalami situasi darurat saat berenang di sungai itu.

KBRI di Swiss menerima kabar hilangnya Eril pada Kamis pukul 11.24 waktu setempat. KBRI langsung mendatangi lokasi kejadian dan mendampingi keluarga yang masih berada di sana. KBRI juga menghubungi sejumlah rumah sakit di Bern dan memeriksa titik terakhir Eril terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya