SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan sambutan saat pengumunan juara DSC XI (Tangkapan layar)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan fasilitas penunjang berupa toilet umum di SPBU Pertamina semestinya bisa diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat. Hal itu disampaikan saat mendapati adanya pungutan biaya Rp2.000 hingga Rp4.000 di toilet SPBU di Kecamatan Malasan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Merespons hal tersebut, Erick Thohir meminta direksi Pertamina membebaskan biaya di seluruh toilet umum di SPBU, baik yang dikelola sendiri maupun kerja sama swasta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat (keuntungan) dari penjualan bensin, selain itu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Erick Thohir Heran Toilet di SPBU Pertamina Berbayar: Harusnya Gratis

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti diketahui, selama ini ada beberapa toilet di SPBU Pertamina yang memungut biaya Rp2.000 hingga Rp4.000 kepada masyarakat. Petugas di toilet itu pun terkadang mengenakan seragam.

SPBU Pertamina khususnya yang berada di pinggir jalan raya biasanya memiliki fasilitas tambahan berupa toilet, musala, serta mini market. Biasanya SPBU tersebut menjadi tempat transit bagi pelaku perjalanan.

Saat hendak menggunakan toilet umum, masyarakat mesti membayar Rp2.000 untuk kebutuhan buang air kecil (BAK) hingga Rp4.000 untuk mandi. Akan tetapi Erick Thohir menilai semestinya tidak ada pungutan di toilet sebagai fasilitas penunjang SPBU, seperti halnya musala.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin (SPBU) swasta yang di bawah Pertamina toiletnya tidak boleh bayar, harus gratis,” sambung dia.

Baca juga: Erick Gratiskan Semua Toilet SPBU Pertamina, Respons Netizen Terpecah

Toilet SPBU Harus Gratis

Pernyataan Erick Thohir didukung pengamat ekonomi, Eko Listiyantio. Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menilai instruksi Erick menggratiskan toilet SPBU Pertamina sebagai kebijakan yang tepat.

Menurutnya dengan menggratiskan toilet SPBU Pertamina dapat menarik minat publik untuk lebih menggunakan SPBU milik BUMN.

“Secara umum itu kebijakan yang bagus kalau memang toilet dan fasilitas umum lainnya di SPBU-SPBU milik BUMN baik yang berlokasi di rest area maupun non-rest area akan lebih bagus jika digratiskan, sehingga mungkin juga akan lebih menarik minat masyarakat untuk lebih menggunakan SPBU-SPBU dari pemerintah,” ujar Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Duet Luhut-Erick Thohir Kandidat Kuat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Jika toilet di SPBU Pertamina itu gratis, maka hal ini akan mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Namun, jika digratiskan maka perlu dipastikan pula aspek kebersihan dan perawatannya agar tetap terjaga.

“Bagaimanapun yang namanya fasilitas publik rentan terhadap kerusakan, sehingga biaya pemeliharaan dan kebersihannya juga perlu diperhitungkan seandainya toilet-toilet di SPBU akan digratiskan,” kata Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya