SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan bandara internasional sebagai gerbang masuk ke Indonesia harus menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan lokal untuk mementaskan karya seni dan budaya Nusantara.

Dengan demikian, tak hanya kelestariannya terjaga, tapi juga menjamin penghidupan dan kesejahteraan para pelaku seni dan budaya.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“Terus kita dorong airport kita menjadi etalase kebudayaan, kesenian dan musik Indonesia. Hari ini festival budaya sudah mulai bergulir di Airport di Soekarno – Hatta, setelah sebelumnya di Bali dan Jogjakarta dengan frekuensi yang akan ditingkatkan 3-4 kali dalam sebulan. Selain itu juga akan menambah pemasukan bagi pelaku seni sehingga kesejahteraannya meningkat,” ujar Erick Thohir di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6/2022) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Erick yang hadir menyaksikan parade budaya “Langgam Pancarona, Dahayu Nusantara” di Bandara Soetta itu didampingi Direktur Marketing InJourney, Maya Watono dan President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Tak hanya itu, Erick bahkan ikut berjoget Maumere bersama para penampil dan disambut meriah oleh para calon penumpang yang menonton Menteri BUMN membaur di tengah parade.

Baca Juga: Kenang Syafii Maarif, Erick Thohir Ziarah ke Yogyakarta

“Ini momentum bagus. Coba lihat, masyarakat Indonesia, wisatawan asing, para komunitas pekerja di airport bersuka cita di festival budaya hari ini. Selain mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata yang membaik karena arus penumpang di Bandara terus naik, juga sejalan dengan visi perkembangan ekonomi dan industri kreatif dengan membesarkan pop culture berciri khas Indonesia,” lanjut Erick.

Dalam parade budaya yang menghadirkan Tari Maumere dari Papua, juga ditampilkan Tari Sigeh Pengunten (Lampung), Tari Kancet Papatai (Kalimantan Timur), Tari Topeng dan alat musik Angklung Mang Udjo (Jawa Barat), Tari Kipas Pakarena (Sulawesi Selatan) dan Tari Cakalele (Maluku).

Sejak awal tahun, tren kedatangan dan keberangkatan penumpang di berbagai bandara terus meningkat. Di Bandara Ngurah Rai, Bali, wisatawan nusantara yang datang naik 70% dan asal mancanegara bertambah 30%. Sedangkan di Bandara Soetta, rata-rata jumlah pergerakan penumpang pada Juni 2022 mencapai 120.000 orang/hari atau meningkat dibandingkan Desember 2021 yang sekitar 80.000 orang/hari.

Baca Juga: Begini Keyakinan Erick Thohir ke Garuda setelah Menang di PKPU

Di kesempatan lain Erick juga mengunjungi kawasan kota tua Jakarta untuk melakukan pengecekan gedung-gedung BUMN seperti Gedung Jasindo, Kerta Niaga, Cipta Niaga, Kantor Bank mandiri, dan Kantor Pos.

“Gedung-gedung itu bisa dimaksimalkan untuk tempat pembukaan UMKM dan brand lokal serta pertumbuhan lapangan pekerjaan seperti yang telah dibangun di Sarinah dan beberapa Kantor Pos yang di jadikan Pos Bloc. Kita harapkan akhir tahun 2023 bisa terlaksana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya