SOLOPOS.COM - Ketika ingin menabung di bank, calon nasabah biasanya mencari tahu bank mana yang menawarkan suku bunga paling tinggi. (Ilustrasi/Solopos Dok)

Solopos.com, JAKARTAMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong potongan bunga hingga 0% untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Indonesia (BI) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan dengan adanya alokasi bunga 0% akan membuat cost structure bagi UMKM turun dari 24% hingga 7% sampai 8%.

Selain itu, Erick juga telah berbicara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar aturan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp40 triliun dari hasil rights issue dapat didorong. Erick menyebut Kementerian BUMN tengah mendorong komunikasi dengan OJK apakah usulan tersebut dapat diterima.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun terkait dengan aturan BMPK didorong oleh Erick agar tidak disalahgunakan oleh korporasi besar untuk melakukan pinjaman. “Jadi bagiamana KUR ini bisa lebih tepat lebih murah ya memang harus kolaborasi dari pihak-pihak lain sehingga ini bisa efektif. Apakah itu perlu dibentuk badan kur saya juga tidak bisa ini bukan tupoksi saya,” ujar Erick, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga BPJS Ketenagakerjaan Targetkan 76 Persen Naker RI

Sebelumnya, pemerintah meningkatkan dana pembiayaan KUR menjadi Rp338 triliun pada 2022. Adapun Kementerian BUMN berkomitmen untuk melanjutkan kolaborasi dengan lembaga terkait dalam penyaluran pembiayaan dan pendampingan. Erick mengatakan, pihaknya bersama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta Kementerian Investasi terus mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal ini seiring dengan upaya pemerintah menciptakan ekonomi kerakyatan dengan rantai pasok yang berkelanjutan. “Tentunya tugas antar kementerian tidak saling tumpang tindih. Kami di Kementerian BUMN fokus di pembiayaan dan pendampingan, jika memungkinkan kami juga berusaha membuka pasar untuk pelaku usaha,” jelasnya pada Rabu (6/7/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gebrakan Baru! Erick Thohir Bakal Sediakan Bunga 0 Persen UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya