Enggak Sulit, Ternyata Begini Perawatan Monstera Rp225 Juta Agar Tetap Sehat dan Cantik

Tanaman Monstera milik Sri Hastuti sudah memiliki lima tongkol yang siap mengeluarkan benih yang bisa disemai menjadi bibit tanaman hias.
Enggak Sulit, Ternyata Begini Perawatan Monstera Rp225 Juta Agar Tetap Sehat dan Cantik
SOLOPOS.COM - Paiman, warga Mogol, Ledoksari, Tawangmangu, Karanganyar, Karanganyar, berfoto bersama tanaman hias Monstera Variegata miliknya. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Monstera Variegata merupakan tanaman hias yang harganya melejit beberapa waktu terakhir. Bahkan harga satu tanaman jenis ini bisa mencapai ratusan juta rupiah bila sudah besar dan memiliki beberapa tongkol.

Seperti Monstera King Variegata milik Sri Hastuti, warga Kelurahan/Kecamatan Banjarsari, Solo, yang dibeli dari petani asal Mogol, Ledoksari, Tawangmangu, Karanganyar, bernama Paiman. Tanaman itu setinggi 1,75 meter.

Selain itu, tanaman Monstera milik Sri Hastuti sudah memiliki lima tongkol yang siap mengeluarkan benih yang bisa disemai menjadi bibit tanaman hias. Namun bagaimana sebenarnya perawatan tanaman jenis Monstera King Variegata agar tumbuh dengan sehat?

Baca juga: Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat diwawancara wartawan di rumahnya beberapa hari lalu Sri menuturkan tidak sulit merawat tanaman itu. Tanaman itu hanya perlu disemprot air di bagian akar setidaknya sekali sehari. Bila tak disemprot pun tak masalah.

Begitu juga untuk pupuk tidak perlu diberikan secara intensif, alias hanya perlu sesekali saja. “Tanaman ini tergolong bandel, tahan dengan berbagai kondisi. Untuk perawatan paling hanya disemprot air,” tutur Sri.

Bila dalam kondisi terpaksa harus ditinggal di rumah selama beberapa hari, menurut dia, Monstera King Variegata juga tidak masalah.

Penjelasan senada disampaikan Paiman, penjual Monstera King Variegata yang dibeli Sri.

Baca juga: Istimewanya Monstera dari Lereng Lawu Karanganyar, Bisa Seharga Mobil dan Rumah

Berdasarkan pengalamannya belasan tahun menjadi petani tanaman hias, Monstera Variegata tergolong tanaman hias yang bandel. “Kalau saya biasanya hanya tak siram air secukupnya, empat hari sekali siram,” ujar dia.

Air Secukupnya

Untuk titik penyiraman air menurut Paiman di bagian akar bawah tanaman. Dia berpesan agar volume air yang untuk menyiram tidak boleh terlalu banyak.

“Airnya secukupnya saja, satu gayung air sudah cukup,” urai dia.

Baca juga: Pemilik Monstera King Dibeli Warga Solo Rp225 Juta Punya 2 Mobil & Rumah dari Bisnis Tanaman Hias

Paiman juga menyarankan agar Monstera Variegata tidak usah diberi pupuk penyubur. Sebab dengan diberi pupuk itu malah bisa membuat warna daun tidak bisa bagus.

“Kalau terlalu subur warna gak bagus,” kata dia.

Warna daun Monstera Variegata yang bagus menurut Paiman yaitu corak putih di antara warna hijau alami.

“Biar daun semakin bagus bisa dirawat atau dilap pakai lap pengilap daun. Bisa dibeli di toko tanaman hias,” ujar dia.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago