SOLOPOS.COM - Dewa 19. (Instagram/@officialdewa19)

Solopos.com, SOLO-Sebelum menyaksikan konser Dewa 19 yang digelar pada Sabtu (4/2/2023) malam ini, simak terlebih dahulu sejumlah fakta menarik band pelantun Kangen ini. Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui band legendaris ini  akan menggelar konser akbar bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS).  Di konser ini, band legendaris ini bakal mengusung empat vokalis dan lima drummer .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Konser ini digelar untuk mengajak Baladewa dan Baladewi bernostalgia dan larut pada lagu-lagu masa kejayaan Dewa 19.

Sebelum menikmati konsernya, berikut enam fakta menarik band Dewa 19 yang patut untuk diketahui seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (4/2/2023):

1. Didirikan 37 tahun lalu

Nama grup Dewa 19 di industri musik Tanah Air memang sudah tak asing lagi di telinga berkat lagu-lagunya yang populer dan mencapai era keemasan di tahun 1990-2000-an. Karya-karyanya yang terngiang sepanjang masa, membuat band ini layak disebut legendaris.

Grup musik ini dibentuk pada 24 Agustus 1986 di Surabaya. Sempat beberapa kali berganti personel, namun namanya tetap berkibar di industri musik Tanah Air.

2. Nama Dewa dibentuk dari akronim personel

Nama band Dewa rupanya merupakan akronim dari nama para personelnya, yakni Dhani (keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum), dan Andra Junaidi (gitar)

3. Cerita di balik angka 19

Fakta menarik lainnya dari band Dewa 19 adalah soal angka 19. Angka 19 pada nama band ini tercipta karena ketidaksengajaan. Angka 19 adalah judul album pertama band legendaris ini yang debut pada 1992, namun banyak orang yang mengira nama band itu adalah Dewa 19 dan berlanjut hingga saat ini.

Dhani sempat mengaku bahwa 19 adalah penanda ketika Ari Lasso bergabung mengisi posisi vokalis, selain karena personelnya berusia 19 tahun pada masa itu.

4. Tersisa dua personel pada 1997

Dewa 19 mencapai masa keemasan kala merilis album ke empat bertajuk Pandawa Lima di tahun 1997 dengan formasi Ari Lasso (vokal), Andra Junaidi (gitar), Erwin Prasetya (bass), Ahmad Dhani (keyboard), dan Wong Aksan (drum).  Namun di tengah puncak keemasan itu Dewa 19 sempat dihantam masalah yang cukup serius.

Dimulai dari dikeluarkannya Wong Aksan karena terlibat penggunaan narkotika, dua personel lain Ari Lasso dan Erwin Prasetya pun ikut terseret di jurang narkoba dan membuat Dewa 19 akhirnya vakum, menyisakan dua personelnya yakni Dhani dan Andra.

5. Sempat takut penggemar tolak Once Mekel

Fakta menarik Dewa 19 berikutnya adalah bergabungnya Once Mekel dan Tyo Nugros pada tahun 1999. Dengan demikian kala itu grup band itu beranggotakan Dhani, Andra, Tyo Nugros, dan Once Mekel

Pada obrolanya dengan pembawa acara Daniel Mananta di tahun 2020, Ahmad Dhani mengaku dirinya sempat khawatir ketika Once Mekel menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis, meski ia tidak pernah meragukan kemampuan Once. Bahkan, suami Mulan Jameela itu mengaku sempat bermimpi Dewa 19 ditinggal penonton saat beraksi dengan Once.

“Pasti ada ketakutan itu, gue sampai terbawa mimpi, mimpi habis Slank main, Dewa 19 main penyanyi Once, orang pada pulang semua,” kata Dhani dalam video di kanal YouTube Daniel Mananta.

6. Band terkaya di Indonesia

Pada 2005 majalah Hai menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp14 miliar setahun.  Sebelumnya, album Bintang Lima yang dirilis pada tahun 2000 dengan Once sebagai vokalis terjual 1,7 juta keping dan menjadi salah satu album terlaris di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya