[x] close
Tujuh Desa di Gunungkidul Tak Punya Kades
Solopos.com|umum

Tujuh Desa di Gunungkidul Tak Punya Kades

Sejumlah desa di Gunungkidul kekosongan kepala desa.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-- Sedikitnya terdapat tujuh desa di Kabupaten Gunungkidul yang saat ini mengalami kekosongan jabatan kepala desa (kades). Tujuh desa tersebut pun harus menunggu pengisian jabatan melalui pilihan kepala desa (Pilkades) serentak, yang baru akan dilakukan pada akhir 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKB-PMD) Gunungkidul, Sudjoko mengatakan saat ini ada tujuh desa yang tidak memiliki kades. Tujuh desa tersebut adalah Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari; Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu; Desa Ngawu, Kecamatan Playen; Desa Ngunut, Kecamatan Playen; Desa Bunder, Kecamatan Patuk, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari; dan Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong.

“Untuk saat ini Kepala Desa Ngunut, Dadapayu, dan Ngawu dijabat Pejabat Sementara (Pj), sedangkan Kepala Desa Bunder, Hargosari, Baleharjo, dan Sidorejo dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Berarti ada tujuh desa yang kosong,” kata dia, Selasa (24/10/2017).

Sejumlah desa yang mengalami kekosong jabatan kepala desa tersebut menurut Sudjoko disebabakan berbagai faktor. Selain ada sebagian kepala desa yang tersangkut permasalahan hukum, ada pula kepala desa yang meninggal dunia sehingga digantikan pejabat sementara.

Kendati tidak memiliki kepala desa, tetapi tujuha desa tersebut tak lantas dapat menyelenggarakan pilkades. Pasalnya menurut aturan, pilkades harus dilaksanakan secara serentak. Alhasil, warga di tujuh desa tersebut harus bersabar menunggu pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada akhir 2018 untuk memilih pemimpin mereka.

Close Video
Promo & Events
Baca Juga
View All
Berita Terpopuler
Indeks
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago