SOLOPOS.COM - Lethok khas Ngawi. (Instagram/@wijang78)

Solopos.com, NGAWI — Lethok merupakan salah satu kuliner yang memiliki kemiripan dengan sambal tumpang. Bagi yang ingin mencicipi lethok tak ada salahnya berkunjung ke salah satu bakul di Pasar Besar Ngawi.

Lethok di pasar ini dijajakan oleh perempuan paruh baya yang akrab disapa Mbah Sumini. Pastikan untuk berkunjung ke Pasar Besar pada pagi hari agar tidak kehabisan. Seperti diketahui lethok ini buka setiap hari mulai buka pukul 06.00 WIB hingga stok habis.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bagi yang ingin mencoba lethok ini cukup merogoh kocek Rp5.000 hingga Rp10.000 per porsi sebagaimana video unggahan Instagram @infokulinerngawi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Viral! Ada Nasi Kucing Ayam Goreng, Begini Tampilannya

Kuliner lethok disajikan di atas daun pisang yang dipincuk. Namun, dapat dibungkus plastik jika pembeli menginginkan dibawa pulang.

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kembdikbud), lethok berbahan dasar tempe. Meski disebut mirip, lethok memiliki sejumlah perbedaan dengan sambal tumpang, di antaranya dalam proses pembuatan, campuran, dan bumbu.

Kuliner lethok khas Ngawi ini memiliki campuran lauk, sementara sambal tumpang tanpa campuran lauk atau daging. Lethok terbuat dari tempe segar, sedikit tempe medem atau tempe busuk, dan santan. Makanan ini juga dapat dipadu dengan babat, iga sapi, dan lainnya.

Baca Juga: Kriuk! Camilan Keripik Tempe Khas Ngawi, Sudah Pernah Coba?

Kekhasan lethok terdapat pada tempe dan babat. Dua bahan tersebuat juga membuat kuliner khas ini bertahan dan tetap digandrungi masyarakat Ngawi. Lethok biasanya disantap dengan nasi hanya dan urap. Namun juga kerap disandingkan dengan pecel dan kerupuk beras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya