SOLOPOS.COM - Emplek Emplek Jagung khas Desa Jrahi (Instagram/@kopikampoengjrahi)

Solopos.com, PATI — Selain dikenal sebagai “Indonesia Mini” karena keharmoniasan dalam keberagaman yang ada, Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal,  Kabupaten Pati, Jawa Tengah rupanya juga memiliki makanan khas dan unik. Salah satunya adalah emplek-emplek yang merupakan olahan jagung enjet atau jagung, kapur sirih, dan gula aren.

Dilansir dari Liputan6.com, Senin (27/9/2021), proses pembuatan makanan unik ini dilakukan dengan cara dikukus. Awalnya adonan jagung dan gula aren dibungkus ke dalam daun jagung dan kemudian dikukus. Bentuknya pipih dengan warna kecoklatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keunikan emplek-emplek ini juga menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke kawasan Bumi Mina Tani, tepatnya di Desa Jrahi. Mengutip dari Detik.com, Ganjar yang mengunjungi Desa Jrahi pada awal November 2019 itu, awalnya merasa aneh dengan penamaan makanan tersebut. Namun setelah dicicip, Ganjar mengaku bahwa rasanya sangat enak sambil mengacungkan jempolnya.

Ekspresi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencicipi Emplek Emplek Jagung khas Desa Jrahi
Ekspresi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencicipi Emplek Emplek Jagung khas Desa Jrahi (Instagram/@ganjar_pranowo)

Baca Juga: Profil PSG Pati, Tim Kuda Hitam Saridin Diakuisisi Atta Halilintar

Dalam kunjungannya yang juga didokumentasikan melalui video pendek dan diunggah di laman Instagram pribadi Ganjar Pranowo, @ganjar_pranowo ini, Ganjar mengaku bahwa Desa Jrahi ini memiliki pemandangan yang indah sekali. Ditambah ada makanan khas Pati yang enak dan unik seperti emplek-emplek.

Sementara itu, dilansir dari berbagai sumber, jagung enjet merupakan olahan jagung yang dicampur dengan kapur sirih atau bahan kimia bernama kalsium hidroksida atau Ca(OH)2. Kapur sirih ini berupa bubuk berwarna putih yang tidak berbau dan sering digunakan sebagai campuran makanan.

Air kapur sirih membantu membuat tekstur makanan lebih garing dan renyah, misalnya pada pembuatan keripik goreng. Selain membuat makanan menjadi renyah, kapur sirih juga membuat makanan menjadi kenyal, seperti pada pembuatan klepon, ketupat dan juga emplek-emplek ini.

Baca Juga: Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Apakah mengkonsumsi bahan makanan yang dicampur dengan kapur sirih aman bagi tubuh? Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa menggunakan kapur sirih dengan kategori food grade dinilai cukup aman selama dilakukan dengan cara produksi yang baik.

Penggunaan kapur sirih juga digunakan sebagai bahan campuran makanan di belahan dunia lain. Biasanya bahan kapur sirih ini juga dijadikan campuran dalam acar agar tidak mudah lembek; gul  untuk menghilangkan kotoran dan mengikatkan stabilitasnya lewat proses yang dinamakan karbonatasi; tepung dan keripik jagung, dengan cara merendam pipilan jagung pada aair kapur sirih agar dapat mudah diolah dan jus buah untuk meningkatkan nilai tambah dari jus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya