SOLOPOS.COM - Aksi pencuri membobol kotal infak di Masjid Al-Fatah, RT 002 RW 013, Dusun Banaran, Kelurahan Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, terekam kamera CCTV. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Uang infak di Masjid Al-Fatah, RT 002 RW 013, Dusun Banaran, Kelurahan Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, dibawa kabur pencuri. Pencurian yang terjadi pada Selasa (28/12/2021) dini hari tersebut terekam kamera CCTV masjid.

Pelakunya berjumlah empat orang yang datang mengendarai dua sepeda motor. Dalam rekaman video tersebut terlihat dua pelaku di antaranya mencoba merusak kotak infak di dalam masjid. Semantara dua pelaku lainnya berjaga di depan masjid.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengurus Masjid Al-Fatah, Ino Handoyo, mengatakan pencurian ini baru dikatahui saat ia akan melakukan Salat Subuh di masjid. “Saat masuk, saya melihat kotak infak sudah berantakan dan rusak. Lalu saya tanya sebelumya kotak amal sudah dikunci atau belum kepada pengurus yang memegang kunci kotak infak, setelah saya tanya ternyata sudah. Akhirnya kami periksa kamera CCTV dan memang benar ada yang mengambil uang di kotak infak masjid,” kata Ino saat ditemui dikediamannya yang tidak jauh dari masjid, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga: Kotak Infak Masjid di Karangpandan Dibobol, Pelaku Terekam Kamera CCTV

Ino juga mengatakan bahwa yang diambil adalah uang infak di salah satu kotak infak kecil, karena di kotak kecil satunya memang tidak ada uangnya.

“Kotak infak yang besar tidak diambil karena tidak bisa dibuka walaupun mungkin sudah berusaha dibuka karena ditemui kerusakan. Uang di dalam kotak infak besar masih ada. Untuk jumlah saya kira tidak terlalu banyak dikarenakan setiap Jumat uang infak selalu kita ambil. Tetapi untuk jumlah pastinya saya tidak tahu,” katanya.

Kejadian seperti ini ternyata bukan kali pertama, kejadian serupa juga sudah pernah terjadi di masjid tersebut. Bukan hanya uang yang ada di kotak infak yang diembat, melainkan jam dinding, mik, perlengakpan salat, lalu sandal dan sepatu milik jamaah juga ikut diambil maling.

Baca Juga: Video Rekaman CCTV Pencurian ke-7 Kotak Infak di Karanganyar

“Mungkin karena memang letak masjid yang berada dipinggir jalan sehingga kejadian seperti itu terus berulang. Akhirnya sekitar satu tahun yang lalu ada warga di sini yang membantu memasang CCTV di Masjid sebanyak 4 titik yang dipasang di dalam dan luar masjid,” ucapnya.

Sejak dipasang kamera pengawas, masjid menjadi lebih aman. Namun pencurian sandal masih terjadi beberapa kali.

Meski masjid sudah sering kecurian, pengurus masjid tidak berencana untuk mengunci  masjid. Ini karena Masjid Al-Fatah sering digunakan musafir untuk melaksanakan salat. Namun, pihaknya akan mengintensifkan pengambilan uang yang ada dikotak infak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya