SOLOPOS.COM - Embung Cerme di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu ini menjadi salah satu wisata tersembunyi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (Istimewa/Instagram @embung_cerme)

Solopos.com, SUKOHARJO — Embung Cerme di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu menjadi salah satu wisata tersembunyi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Embung Cerme Sanggang merupakan salah satu wisata tersembunyi di Sukoharjo bernuansa alam. Embung Cerme dikelilingi lahan perkebunan yang dimanfaatkan sebagai agrowisata.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Wisata Embung Cerme dikelola warga sekitar. Rata-rata wisatawan lokal datang pada pagi hingga sore. Anda harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Solo dengan mengendarai sepeda motor.

Hasil penelusuran Solopos.com di mesin pencarian Google, belum banyak orang mengulas wisata Embung Cerme Sanggang di Sukoharjo. Tetapi, rata-rata orang yang pernah berkunjung ke Embung Cerme menyebut wisata embung buatan ini memiliki pemandangan alam yang indah dan Instagramable.

Data yang dihimpun Solopos.com dari publikasi ilmiah Seminar Ilmiah Arsitektur II berjudul Identifikasi Sarana dan Prasarana terhadap Kenyamanan Pengguna Wisata Embung Cerme Desa Sanggan menyebutkan bahwa Embung Cerme memiliki luas wilayah kurang lebih 20 hektare (ha).

Baca Juga : Banyak Spot Foto Menarik, Embung Pengantin Sukoharjo Diserbu Wisatawan

Tulisan ilmiah itu ditulis mahasiswa program studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Junda Septiawan, dan Indrawati, mahasiswa program atudi Arsitektur UMS. Tulisan tersebut diunggah pada 2 Februari 2021.

wisata tersembunyi di sukoharjo
Kebun bunga di kompleks wisata Embung Cerme di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu ini menjadi salah satu wisata tersembunyi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (Istimewa/YouTube Anggara W. Prasetya)

Dekat dari Solo

“Wisata Embung Cerme di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo mengusung tema alam dengan nuansa asri, sejuk, dan di sekitarnya terdapat lahan perkebunan dan perbukitan. Daya tarik utama wisata ini embung buatan dan kebun buah, seperti kelengkeng dan durian,” tulisnya seperti dilansir Solopos.com, Selasa (10/5/2022).

Wisata tersembunyi di Sukoharjo ini dikunjungi wisatawan lokal karena belum banyak orang mengetahui Embung Cerme. Dilansir dari akun Instagram @embung_cerme, wisata tersembunyi di Sukoharjo ini buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Baca Juga : 8 Wisata Seru di Sukoharjo, Ada yang Baru dan Lagi Ngehit Hlo

Salah satu YouTuber sekaligus Solo traveler dari Kota Solo, Jawa Tengah, Anggara W. Prasetya, sempat mengulas wisata tersembunyi di Sukoharjo. Dia mengulas Embung Cerme dan mengunggah pada channel YouTube Anggara W. Prasetya pada 12 Februari 2021.

Video perjalannya mengeksplorasi Embung Cerme Sukoharjo berjudul Masih Tersembunyi..! Embung Cerme di Sanggang, Bulu, Sukoharjo. Video tersebut ditonton 2.988 kali hingga Selasa (10/5/2022).

“Datang disambut gerbang ala Jepang di tengah-tengah kebun. Ini program CSR dari Pertamina. Ada taman bunga dan pohon buah. Embung dipagari agar aman. Ini keren, Instagramable kalau orang-orang bilang. Pas buat foto-foto,” kata YouTuber yang doyan mengulik tempat wisata seputar Soloraya.

Selain spot foto, wisata tersembunyi di Sukoharjo itu juga dilengkapi gazebo untuk istirahat. Anggara menyebut tiket masuk Embung Cerme terjangkau, Rp2.000 kala itu. Selain itu, tiket parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Baca Juga : Berfasilitas Mewah, Solo Grand View Sukoharjo Ditarget Beroperasi 2022

“Baru tahu di Sukoharjo kayak gini, wisata murah meriah. [Lokasi] dekat [Kecamatan] Manyaran, Kecamatan Bulu, dan Kecamatan Tawangsari. Dari Solo, dekat. View bagus pas cerah. Embung buat pengairan kebun buah warga. Jadi, di sini sentra buah. Embung dikelilingi taman bunga. Bisa foto-foto di sekitar taman bunga asal tidak dirusak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya