Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Seorang petani melihat tanaman sayur miliknya yang mati akibat "embun upas" atau udara yang mengkristal menjadi es, di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jateng, Kamis (13/8/2019). "Embun upas" merupakan fenomena udara yang membeku dan mengkristal akibat suhu dibawah Nol derajat celcius, yang terjadi dalam tiga bulan terakhir karena cuaca ekstrim di dataran tinggi dieng, dan menyebabkan tanaman mati. ANTARAFOTO/Idhad Zakaria/pd/15.
Espos Plus Jateng

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Solopos.com, BANJARNEGARA — Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan. Munculnya fenomena embun upas seiring penurunan suhu udara di wilayah itu.

Upas alias racun merupakan julukan bagi embun tersebut karena banyak tanaman mati setelah dipeluk udara dingin yang menciptakan embun beku, sehingga saat terkena matahari, tanaman itu jadi menghitam seperti terkena racun.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode