SOLOPOS.COM - Ilustrasi perhiasan emas hitam (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Selama ini, perhiasan emas dikenal hanya memiliki warna kuning maupun rose gold. Namun, belakangan muncul varian baru yakni emas hitam atau black gold yang dijual dengan harga yang bervariasi.

Sebelumnya, istilah emas hitam biasa digunakan sebagai julukan batu bara maupun minyak bumi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir muncul perhiasan emas yang benar-benar berwarna hitam. Kini, popularitas perhiasan emas hitam pun makin meningkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari Jewelry Shopping Guide, salah satu alasan mengapa emas hitam begitu populer adalah karena penampilannya yang unik dan edgy. Penampilan emas hitam menghadirkan pilihan warna perhiasan yang tidak konvensional atau melawan pakem. Informasi terkait harga emas hitam akan diulas di bawah ini.

Warna asli emas adalah rona kekuningan. Namun, dengan teknologi pengolahan dan metode baru, varietas emas dalam dalam warna lain mengemuka. Selain emas hitam, ada pula emas dengan warna hijau, putih dan biru.

Baca Juga: Untung Mana Investasi Emas atau Tanah, Berikut Penjelasannya

Untuk membentuk paduan warna emas hitam, emas dicampur dengan logam lain seperti kobalt, biasanya dengan perbandingan tiga bagian emas dengan satu bagian logam. Meski disebut paduan, mereka tidak benar-benar menyatu. Lapisan hitam hanya ada di permukaan, tidak seperti paduan lain di mana logam digabungkan.

Lapisan warna hitam yang digunakan untuk melapisi emas biasanya rhodium atau rutenium. Lapisan rhodium adalah standar industri pengolahan emas dengan permukaan mengkilap. Untuk merawat supaya warna emas hitam tidak pudar biasanya digunakan teknologi sinar laser. Meski perlu mendapat perawatan khusus untuk menjaga warnanya tetap mengkilap, harga perhiasan emas hitam tidak jauh berbeda dengan harga perhiasan emas pada umumnya.

Berapa harga emas hitam?

Harga perhiasan emas hitam di sejumlah marketplace sendiri bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Hal itu tergantung jenis perhiasan dari emas hitam itu. Sebagai gambaran, cincin emas hitam rose gold edge yang dijual di situs Esty.com dibandrol seharga Rp4.617.834. Sementara cincin kawin dari emas hitam Tungsten dibanderol Rp2.009.274.

Baca Juga: Sektor Keuangan Syariah Indonesia Disebut Sangat Sehat

Mahal tidaknya harga emas hitam tergantung berapa banyak kandungan emas asli dalam perhiasan emas hitam itu. Semakin tinggi persentase emas, semakin berharga nilainya.

Logam hitam yang digunakan dalam pembuatan emas hitam tidak menambah atau mengurangi nilai asli emas. Karena emas tidak kehilangan nilainya, nilai emas hitam kemungkinan akan tetap konsisten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya