SOLOPOS.COM - Kegiatan groundbreaking TLPG Kolaka. (Istimewa)

KOLAKA, Solopos.com —PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa menggelar groundbreaking pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hal ini sebagai usaha EPN dalam mendukung peningkatan ketersediaan LPG (Elpiji) di Wilayah Sulawesi Tenggara. Lokasi peletakan batu pertama ini berada di sebelah tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam rilisnya, Senin (29/11/2021), groundbreaking ini adalah upaya mendukung Pertamina  dalam menjaga cadangan LPG dan juga sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastuktur penyimpanan Elpiji.

Baca Juga : Elnusa Petrofin-Bank Mandiri Beri Pembiayaan Agen dan Mitra

Groundbreaking dihadiri oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin beserta jajaran Direksi Elnusa Petrofin lainnya, VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, Isnanto Isnanto Suseno; Executive GM Marketing Operation Region VII (Sulawesi) Pertamina Agus Dwi Djatmoko. Selain itu turut hadir Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH. MH beserta jajaran Forkominda Kabupaten Kolaka dan juga jajaran kepala dinas terkait.

Terminal LPG Kolaka ini ke depannya akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG. Seadngkan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Sehingga total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tanki Bola (spherical tank) yang dengan kapasitas 2×1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas pompa LPG, loading bay ke skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni dengan estimasi penyelesaian pembangunan selama 24 Bulan.

Baca Juga : Dorong Electric Lifestyle, PLN Salurkan 60 Kompor Induksi

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud Elnusa petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Haris Syahrudin, dalam sambutannya mengatakan dengan keberadaan Terminal LPG ini mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG khususnya di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat.

Sedangkan VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, Iswanto Suseno, menyampaikan groundbreaking ini merupakan bentuk komitmen wujud kedaulatan energi Pertamina Grup bagi masyarakat dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya