SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka saat menemani warga ronda keliling kampung di wilayah RW XI Kelurahan Kerten, Laweyan, Solo, Jumat (15/5/2020) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Tingkat elektabilitas Gibran Rakabuming Raka berdasarkan survei Pilkada Solo 2020 melejit 423 persen selama kurun waktu Juli 2019 hingga Juni 2020.

Berdasarkan hasil poling Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo pada Juli 2019, tingkat elektabilitas Gibran hanya di angka 13 persen. Sedangkan pada periode 16 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020, tingkat keterpilihan Gibran berdasarkan poling Solo Raya Polling mencapai 55 persen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Solo Raya Polling merupakan lembaga survei di bawah asuhan Suwardi yang juga Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo. Dalam setahun terakhir Suwardi sudah tiga kali melakukan survei atau poling pemetaan Pilkada Solo 2020.

Pengendara Mobil Tabrak Mesin Pompa di SPBU Bhayangkara Solo Tertangkap

Ekspedisi Mudik 2024

Pada survei kedua, Januari 2020, tingkat elektabilitas Gibran sebagai cawali di Pilkada Solo 2020 meningkat dari 13 persen menjadi 40,4 persen.

Terjadi peningkatan 307 persen pada kurun waktu dilaksanakannya survei pertama dan survei kedua. Peningkatan kembali terjadi pada survei ketiga Juni 2020.

Saat jumpa pers hasil survei Pemetaan Politik Pilkada Solo 2020 di Rumah Makan Pecel Solo, Selasa (23/6/2020), Suwardi mengatakan menggunakan metode survei populasi dengan 1.008 responden di 126 titik lokasi survei (TLS) pada survei ketiga.

Pelaku Penyerangan Wakapolres Karanganyar Ternyata Residivis Kasus Bom Thamrin

Responden diambil dari penduduk Solo yang namanya masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Penarikan sampel menggunakan teknik cuplikan random sampling dengan kerangka sampel DPT Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada TLS.

Kriteria Tingkat Signifikansi

Menurut Suwardi, jumlah sampel memenuhi kriteria tingkat signifikansi sebesar 95 persen dengan kerapatan tinggi 50:50 dan magrin error 3,5 persen. Sedangkan teknik pengumpulan data survei menggunakan metode wawancara face to face.

Metode wawancara tatap muka dilakukan menggunakan instrumen data kuesioner tertutup dan alat peraga. Instrumen alat peraga yang dimaksud berupa gambar tokoh politik nasional yakni Megawati Soekarnoputri, Jokowi, dan Prabowo Subianto.

Tambah Lagi, Tenaga Kesehatan ASN Pemkot Solo Tertular Rekan Positif Covid-19

Di instrumen yang sama ada juga gambar enam tokoh (figur) di Pilkada Solo 2020 yaitu Achmad Purnomo, Teguh Prakosa, Gibran Rakabuming Raka, Bagyo Wahyono, FX Supardjo, serta Budi Prasetyo. Untuk analisis data menggunakan alat bantu software SPSS.

Berikut data tren Peningkatan Elektabilitas Gibran Rakabuming menjelang Pilkada Solo 2020 dari Survei ke Survei:

Survei Juli 2019: 13%

Survei Januari 2020: 40,4 %

Survei Juni 2020: 55%

Sumber: Hasil survei Laboratorium Kebijakan Publik Unisri & Solo Raya Polling. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya