Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Elektabilitas Airlangga Hartarto Meningkat Tajam

Menurut survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas atau tingkat kesukaan kepada Airlangga Hartarto sebagai calon presiden meningkat tajam.
SHARE
Elektabilitas Airlangga Hartarto Meningkat Tajam
SOLOPOS.COM - Airlangga Hartarto (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Langkah Airlangga Hartarto dan Partai Golkar memanasi mesin menuju Pemilihan Presiden 2024 mulai menampakkan hasil.

Menurut survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas atau tingkat kesukaan kepada Airlangga Hartarto sebagai calon presiden meningkat tajam.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Survei itu dilakukan Indikator Politik Indonesia sepanjang Juli hingga September 2021 terhadap sejumlah responden dan para pengguna Internet di Indonesia.

Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, mengatakan tingkat tahu dan suka publik terhadap Ketua Umum Partai Golkar itu menunjukkan tren peningkatan yang signifikan pada pengguna Internet.

Jika pada Juli 2021, survei untuk semua responden, didapatkan angka popularitas Airlangga sebanyak 33%, sedangkan pada survei untuk pengguna Internet, popularitas Airlangga berada di angka 40%.

Saat survei kembali dilakukan pada September 2021, tingkat popularitas Airlangga meningkat menjadi 37% untuk semua responden. Adapun, khusus pengguna internet, popularitasnya naik menjadi 40%.

Menurut Burhan, popularitas dan citra personal calon merupakan konsekuensi logis dari model pemilu secara langsung.

Baca Juga: Di Solo, Airlangga Serahkan Bantuan 10.000 Paket Sembako 

Ini merupakan faktor utama yang mendasari pilihan warga. Tidak mungkin pemilih akan memilih calon yang tidak dikenal.

“Namun pada kenyataannya tidak sesederhana itu, calon yang populer juga belum tentu dipilih jika ada calon lain yang lebih disukai atau memiliki citra personal yang lebih positif,” kata Burhanudin saat menjadi pemateri di Rakornas MPO Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Minggu (19/12/2021) seperti dikutip Okezone.

Popularitas dan citra personal dibentuk oleh evaluasi publik terhadap kegiatan sosialisasi dan mobilisasi yang dilakukan, termasuk evaluasi atas kinerja selama menjabat sebagai pejabat publik.

“Pilihan warga ini merupakan kompleksitas atas faktor-faktor sosiologis, psikologis dan evaluasi ekonomi politik mutakhir,” kata Burhanudin.

Dari survei tersebut, publik yang disurvei yang tahu kemudian didalami lagi dan menyebutkan 61,2% menyatakan suka dengan Airlangga Hartarto.

Selanjutnya, dalam survei Indikator, didapatkan hasil sebanyak 63,2 persen menyatakan mereka tahu tentang Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode