SOLOPOS.COM - Pembalap MotoGP melakukan parade di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut untuk memeriahkan pagelaran MotoGP seri kedua Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18 - 20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.

Solopos.com, MANDALIKA – Para pembalap beserta kru saat ini sudah berada di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, untuk menjalani seri II MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Sebagian pembalap bahkan sudah menikmati suasana Mandalika berbaur dengan masyarakat di luar sirkuit selama mereka beraktivitas. Pada Kamis (17/3/2022) pagi pihak MotoGP menguji lintasan utama sirkuit melalui pembalap penguji serta mobil safety car untuk mendapatkan data teknis tentang aspal dan karakter lintasan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Warna Bus dan Tiket MotoGP di Sirkuit Mandalika

Ekspedisi Mudik 2024

Seri II MotoGP 2022 di Mandalika khususnya kelas primer alias MotoGP akan digelar dalam 27 putaran. Dorna tentu tak sekadar memutuskan sebanyak 27 putaran harus dilibas para pembalap nanti. Namun, hal itu sesuai regulasi yang ditetapkan oleh FIM, bahwa jarak tempuh setiap balapan yaitu 100 km hingga 130 km. Artinya, kelas MotoGP di Mandalika akan menempuh jarak total 116,37 km.

Selain itu, regulasi FIM juga menentukan setiap balapan MotoGP berlangsung selama 40 menit hingga 45 menit. Dengan panjang lintasan 4,3 km, adu cepat kuda besi pada seri II MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalaika akan menumpuk total jarak 133 km.

Baca juga: Ikut Konvoi MotoGP, Begini Reaksi Pembalap Belia Indonesia

Jumlah 27 putaran dan jarak tempuh di MotoGP Mandalika nantinya akan serupa dengan beberapa sirkuit di dunia antara lain Sirkuit Ricardo Tormo, Sirkuit Phillip Island, Sirkuit Le Mans Bugatti dan Sirkuit Misano. Sirkuit tersebut rata-rata punya panjang lintasan 4 km.

Waktu tempuh untuk satu putaran (lap) di Sirkuit Mandalika bisa ditempuh dalam 1 menit 31 detik, sehingga untuk total waktu tempuh 27 putaran bisa dicapai dalam 35 menit 37 detik untuk kecepatan konstan. Padahal ketika balapan catatan waktu bisa sedikit lebih lambat dari saat pembalap menjalani kualifikasi untuk menentukan pole position. Dengan demikian, total waktu tempuh 40 menit hingga 45 menit akan mencukupi.

Seperti diketahui pembalap Tim Repsol Honda, Pol Espargaro, mencatatkan waktu tercepat pada tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu dengan 1 menit 31,060 detik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya