SOLOPOS.COM - Supriyadi, Owner PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

Solopos.com, SUKOHARJO–PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus menjalin kolaborasi untuk mendukung pelaku UKM mampu naik kelas hingga berkesempatan menembus pasar ekspor melalui program BNI Xpora. Salah satu pelaku UKM yang difasilitasi BNI Xpora yakni Supriyadi yang memproduksi anyaman mebel rotan dan berhasil menembus pasar ekspor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pria yang akrab disapa Supri ini memimpin PT Kharisma Rotan Mandiri di sentra industri rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Beragam produk anyaman rotan berkualitas tinggi menembus pasar global. Produk anyaman rotan itu diekspor ke sejumlah negara seperti Australia,  Amerika Serikat, Belanda, hingga Jerman.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Xpora Bikin Perluas Pasar Ekspor UMKM

“Sejak era 90-an, produk kerajinan rotan di Desa Trangsan mulai merambah pasar ekspor. Kala itu, saya menjadi pionir pengrajin rotan yang berhasil menembus pasar luar negeri, ” kata dia, Selasa (7/12/2021).

Keberhasilan Supri menduniakan anyaman rotan bukan tanpa halangan. Butuh keuletan, pantang menyerah dan konsistensi. Hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan buyer dari luar negeri tertarik membeli anyaman rotan yang diproduksi di Kecamatan Gatak.

Produk rotan asal Trangsan, Gatak, Sukoharjo.

Selain itu, pelaku UKM harus memiliki jaringan bisnis yang kuat di luar negeri. Pelaku usaha harus merawat dan menjaga jaringan bisnis tersebut. “Jaringan bisnis bisa didapat saat mengikuti pameran kerajinan di luar negeri. Di Eropa, event pameran kerajinan rutin digelar setiap bulan. Paling tidak sekali dalam dua bulan,” ujar dia, saat berbincang dengan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, di lokasi usahanya, beberapa waktu lalu.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 merupakan program peliputan yang diselenggarakan Solopos Media Group bersama BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Galeri 24, Prodia, Artugo, Candi Elektronik, XL Axiata, dan Gojek.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital, Pelayanan Prima Artugo Mudahkan Pelanggan

Supri mengapresiasi dukungan program BNI Xpora yang mendorong para pelaku UKM ekspor baru. Hal ini wujud sinergitas BNI dengan pelaku UKM nasional agar bisa menembus pasar ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya