Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Solopos Media Group menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi.
Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota
SOLOPOS.COM - Ekspedisi Ekonomi Digital

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiPerjanjian Ekstradisi Diteken Setelah 8 Kali Pergantian Dubes Singapura

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group menggelar Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 mulai Sabtu (4/12/2021). Selama enam hari, empat jurnalis Solopos Media Group akan berkeliling berbagai kota di Jawa untuk memotret transformasi digital.

Ekonomi digital seperti digadang-gadang akan menjadi salah satu penopang utama perekonomian Indonesia di masa mendatang. Proyeksi terbaru yang disampaikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi Juni 2021 lalu menyebutkan ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh lebih agresif lagi yakni mencapai delapan kali lipat dari saat ini pada 2030.

Nilainya bisa mencapai Rp4.531 triliun. Pada 2020, ekonomi digital sudah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB) sebesar 4% dan Mendag memprediksi kontribusinya akan melesat hingga 18% pada 2030.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Bisa Capai Rp48.000 Triliun di 2022

Pandemi yang sudah terjadi hampir dua tahun menjadi pemicu ekonomi digital tumbuh lebih kencang. Hal inilah yang melatarbelakangi Solopos Media Group menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi.

Solopos Media Group menerjunkan empat orang untuk bergabung dalam tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, yakni Ahmad Mufid Ariyono (Redaktur Solopos sebagai koordinator tim ekspedisi), dua jurnalis yakni Ponco Suseno dan Bony Wicaksono, serta seorang videografer, Adhika Ali Pratikna.

Tim akan melakukan perjalanan dengan beragam agenda peliputan dan masuk ke sejumlah sektor riil di beberapa kota. Dengan mengambil start Balai Kota Solo, Sabtu pagi, tim akan melanjutkan perjalanan peliputan menuju Getasan, Kabupaten Semarang; Salatiga; Kota Semarang; dan Jakarta.

Tim akan memotret betapa agresifnya sektor-sektor riil penopang pertumbuhan ekonomi bertransformasi dalam memberikan layanan digital. Sektor-sektor itu di antaranya, perbankan, UMKM, otomotif, sektor pendidikan, kesehatan, sektor perdagangan, elektronik, telekomunikasi, hingga e-commerce.

Baca Juga: Peran Anak Muda Dorong Percepatan Inklusi Keuangan Nasional

Ekspedisi yang akan dimulai Sabtu (4/12/2021) hingga enam hari ke depan, Kamis (9/12/2021), merupakan kerja bareng Solopos Media Group bersama BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Artugo, Galeri24, Candi Elektronik, Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Brand-brand ini mewakili masing-masing sektor yang saat ini tengah getol melakukan ekspansi layanannya ke digital.

Sebagai contoh, BNI yang kini sedang gencar mempromosikan layanan The New BNI Mobile Banking. BNI juga konsen mengembangkan solusi digital yang membantu UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor, melalui program dan layanan Xpora.

“Pada agenda praekspedisi beberapa hari lalu, tim sudah memotret bagaimana UMKM ekspansi dan mampu memperluas pasar ekspor di era pemulihan ekonomi akibat pandemi dengan layanan digital dari BNI,” kata Koordinator Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Mufid Ariyono.

Di sektor otomotif, Mitsubishi menawarkan layanan aftersales berupa aplikasi My Mitsubishi Motors ID. Di bidang kesehatan, aplikasi Prodia Mobile menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap mendapatkan layanan kesehatan secara online pada era pandemi.

Baca Juga: Airlangga: Akselerasi Transformasi Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Di bidang pendidikan, Solo punya Universitas Terbuka Surakarta yang menjadi pioneer pembelajaran jarak jauh di tingkat pendidikan tinggi. UT Surakarta juga terus berinovasi untuk mengupdate layanan digital dalam pembelajaran.

“Dari sektor-sektor itu akan kami coba tarik benang merahnya, bagaimana kemudian ekonomi digital ini telah mengubah pola hidup masyarakat, hidup menjadi lebih cepat, segalanya lebih mudah, dan apa saja bisa dengan digital. Mulai dari berbelanja, konsultasi kesehatan online, belajar jarak jauh, transaksi digital, pemasaran, beli emas, beli barang elektronik, hingga servis kendaraan sekarang semua bisa dengan digital,” imbuh Mufid.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago