SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

 

Harianjogja.com, JAKARTA — Facebook dikabarkan akan menyediakan akses internet nirkabel di daerah-daerah terpencil. Caranya dengan menggunakan drone atau pesawat tanpa awak yang memanfaatkan tenaga sinar matahari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pimpinan di proyek itu memberikan fakta yang cukup mengagetkan. Seperti detikINET kutip The Verge, Jumat (26/9/2014), ukuran drone tersebut akan sama dengan pesawat jumbo jet Boeing 747. Drone itu pun kabarnya bisa terbang selama satu tahun nonstop.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk bisa menerbangkan pesawat tanpa awak ini selama setahun nonstop, pesawat itu harus terbang di atas cuaca, juga di atas jalur penerbangan lain,” ujar Yael Maguire, Engineering Director di Facebook Connectivity Lab.

Maguire juga membandingkan drone tersebut dengan mobil Toyota Prius. Ia mengatakan bahwa dimensi drone itu akan setara dengan 6 atau 7 buah Toyota Prius, namun beratnya tak lebih tinggi dari empat buah ban mobil.

Masih menurut Maguire, mereka akan mulai menguji drone itu pada tahun 2015 di Amerika Serikat. Selanjutnya drone itu akan beroperasi di sejumlah negara yang terletak di Amerika Selatan, Afrika, serta Asia.

Sebelumnya Google juga pernah mempunyai proyek serupa yang bernama Project Loon. Bedanya, Google menggunakan balon udara sebagai alat transportasinya. Namun hingga kini belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai Project Loon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya