SOLOPOS.COM - Selat lidah di Warung Selat Mbak Lies yang beralamat di Gang II Nomor 42 Kelurahan/Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (30/3/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Banner Ekspedisi Kuliner Solo

Solopos.com, SOLO — Berburu karya kuliner khas Kota Solo, Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya bila belum mampir ke Warung Selat Mbak Lies di Gang II Nomor 42 Kelurahan/Kecamatan Serengan. Warung makan dengan menu utama selat tersebut merupakan salah satu yang legendaris di Kota Bengawan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain telah beroperasi selama 35 tahun, Warung Selat Mbak Lies memliki pelanggan sangat banyak. Pemilik Warung Selat Mbak Lies, Wulandari Kusmadyaningrum, 55, saat berbincang dengan Tim Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo, Rabu (30/3/2022), mengungkapkan perjalanan usahanya tersebut.

Lilis, panggilan akrabnya, mengaku jatuh cinta dengan selat sejak berumur lima tahun. Saat itu ada penjual selat di dekat rumahnya di Serengan. “Namanya Bu Wiro kalau tidak salah. Dia jualan selat,” ujar dia.

Sejak itu dia sering membeli selat di tempat itu utamanya yang banyak moster atau bumbu mayonaisnya. Dari rasa suka itu Lilis mulai belajar secara otodidak untuk membuat selat. “Saat itu saya sering main pasaran,” aku dia.

Baca juga: Gurihnya Serabi Notosuman Kuliner Khas Solo yang Legendaris

Hingga akhirnya saat duduk di bangku SMP dan SMA dia sudah bisa membuat selat. Ketika momen kelulusan SMA, Lilis mengajak teman-temannya main ke rumah. Saat itu dia memasak selat untuk menyuguh teman-temannya.

Respons teman-teman sekolahnya yang bagus menguatkan niat untuk membuka usaha warung selat yang kemudian diberi nama Mbak Lies. Akhirnya setelah lulus SMA dia memulai usaha berjualan selat. Opsi kuliah seperti teman-temannya dia abaikan.

“Saya lulus SMA tahun 1987 dan saat itu guru-guru saya ngasih formulir masuk perguruan tinggi, teman-tenan saya mengisi ke UNS, tapi saya sudah cita-cita ndak mau ke perguruan tinggi. Pengin jualan selat,” ungkap dia.

selat mbak lies solo
Warung Selat Mbak Lies yang beralamat di Gang II Nomor 42 Kelurahan/Kecamatan Serengan, Solo, Rabu (30/3/2022) siang terlihat eksentrik dengan hiasan aneka keramik dan lukisan. (Solopos.com/Kurniawan)

Dan ternyata selat bikinan Lilis banyak digemari pembeli. Rasa selat buatan dia terasa segar, gurih, asam, dan sedikit asin. Selain enak, selat Mbak Lies menyehatkan karena dibuat dengan aneka kondimen segar.

“Selat itu empat sehat lima sempurna, karena isiannya ada 12 jenis, telur, daging, sayuran, susu di mayonaise, tomat, wortel, buncis, timun, brambang, kentang, daun selada, sriping kentang tipis, kuah,” urai dia.

Untuk menjaga kepercayaan para pelanggan, Lilis selalu menjaga kualitas produknya. Bumbu menu yang menjadi kekuatan selat Mbak Lies diupayakan bagaimana pun agar tersedia, walau stok di pasaran sedang tipis.

Baca juga: Solo Surga Kuliner: Legend! Ini Resto Gudeg Favorit 3 Presiden RI

Jual Beli Online

Lilis menjelaskan sebelum pandemi Covid-19 dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dengan platform penjualan online. Tapi karena merasa sudah ramai pembeli, saat itu dirinya belum mau bergabung.

Tapi setelah merasakan dampak pandemi, Lilis justru yang mencari platform penjualan digital. Sebab pandemi sempat membuat bisnisnya lesu dan tutup tiga bulan. “Saat pandemi, saya cari yang online itu,” aku dia.

Selain telah bergabung dengan platform penjualan digital, Warung Selat Mbak Lies menyediakan sistem pembayaran digital menggunakan QRIS. Berbagai layanan itu menurut dia untuk memudahkan transaksi.

Baca juga: Lezatnya Selat Solo, Kuliner Steak Eropa Ala Jawa

Pada praktiknya, para pedagang di Solo memang diuntungkan dengan metode QRIS. Bayar melalui QRIS bisa dilakukan dengan berbagai pilihan fasilitas mulai dari mobile banking hingga dompet digital seperti OVO.

Ekspedisi Surga Kuliner Kota Solo merupakan kolaborasi Solopos Media Group dengan OVO dan didukung Rumah Makan Adem Ayem. OVO yang merupakan bagian dari ekosistem Grab membantu pengusaha kuliner menjadi bagian ekonomi digital. Terlebih dengan adanya layanan pesan antar kuliner yang mencakup berbagai makanan khas Solo melalui GrabFood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya