SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo periode 1995-2000, Imam Soetopo, meninggal dunia pada Senin (11/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Mantan Wali Kota Solo, Imam Soetopo, meninggal dunia pada Senin (11/7/2022) pukul 09.28 WIB karena sakit. Sebelum meninggal, Imam Soetopo sempat keluar masuk RS Kasih Ibu Solo.

Hal itu diungkapkan anak ketiganya, Mustika Kusumaningtyas, kepada wartawan di rumah duka, Senin. Mustika mengatakan sekitar setahun yang lalu, ayahnya sempat jatuh yang membuat bagian panggul ke bawah terluka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ya sudah sepuh juga, sempat jatuh yang menyebabkan panggul ke bawah ada luka, sejak itu stay di rumah. Kondisinya naik turun, sempat gagal napas. Pengobatan sudah maksimal, cuma kondisi sudah sepuh imun tubuhnya sudah melemah,” jelasnya.

Mustika menceritakan kondisinya eks Wali Kota Solo Imam Soetopo sebelum meninggal dunia sempat bolak balik RS Kasih Ibu. Setahun lebih Imam on dan off perawatan di rumah sakit.

“Kami bawa terakhir ke RS bulan lalu, sempat pulang ke rumah, lalu tiga pekan lalu kembali ke ICU, pindah ke kamar, belum sempat pulang. Empat hari di ICU lagi sebelum meninggal hari ini,” papar Mustika.

Baca Juga: Kabar Duka! Mantan Wali Kota Solo Imam Soetopo Meninggal Dunia

Pantauan Solopos.com, rumah jenazah purnawirawan TNI berpangkat Kolonel tersebut di Jl KS Tubun No 2 Manahan, Banjarsari, Solo, sudah dipenuhi karangan bunga duka cita. Rencananya, mantan Wali Kota Solo periode 1995-2000 yang meninggal dunia pada usia 81 tahun itu bakal dimakamkan pada Selasa (12/7/2022) di Pasarean Astana Utara, Nayu.

Sebelum dimakamkan, jenazah Imam Soetopo akan dibawa ke Balai Kota Solo untuk upacara penghormatan terakhir, termasuk upacara militer. Keluarga masih berkoordinasi dengan Balai Kota dan Korem 074/Warastratama untuk upacara tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dalam surat lelayu, Imam Soetopo meninggalkan istri, Siswardinah Imam Soetopo, dan empat orang anak. Keempatnya yakni Galih Pradhono, Lingga Prasetya, Mustika Kusumaningtyas, dan Rizki Udayanti.

Selain itu, Imam juga meninggalkan delapan orang cucu. Salah satu putrinya, Mustika, saat diwawancarai wartawan di rumah duka mengungkapkan Imam Soetopo meninggal karena sakit yang diakibatkan usia yang sudah sepuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya