SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

(Solopos.com)–Cerita dari balik jeruji besi seakan tidak pernah tutup buku. Setelah kisah sel penjara mewah Arthalyta Suryani alias Ayin atau kisah Gayus Tambunan di sel, kini terkuak kisah narapidana (Napi) di balik penjara Salemba.

Seorang mantan narapidana mengabadikan kisah kehidupan di dalam sel Salemba melalui rekaman video amatir. Adalah Syaripudin S Pane yang pernah mendekam di Rutan Salemba pada 2008 lalu. Dia ditahan di Salemba atas kasus pemalsuan dokumen.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

Syaripudin merekam kehidupan di penjara dengan alat sekedarnya. Syaripudin membuka tabir kelam kehidupan setiap penghuni penjara baik itu tahanan atau pun para narapidana.

Syaripudin merekam aktivitas warga binaan, demikian panggilan untuk setiap penghuni rutan dan lapas yang dilabelkan pemerintah, dari penggalan ke penggalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Setiap penggalan menyorot tiap sudut kehidupan di penjara tersebut, dari mulai penjara super mewah yang dihuni para napi korupsi dan pejabat, ruang sewa pelampiasan hasrat birahi, pojok makanan tahanan ‘kelas bawah’, lapak warung bak pasar dadakan, sampai dengan tempat para penghuni penjara melakukan judi koprok. Gambaran tersebut terekam dalam 28 penggalan video amatir Syaripudin.

Ketimpangan terlihat saat Syaripudin berupaya membandingkan kehidupan napi yang berduit dan dari kalangan bawah. Mereka yang memiliki uang dengan mudahnya mendapatkan fasilitas bak sebuah hotel berbintang. Dari mulai AC, televisi, kulkas, dispenser, sampai dengan dapur dengan pembantu dan tukang cuci pribadi.

Sementara penghuni yang ada di kalangan ekonomi lemah terlihat sangat memprihatinkan. Terlihat dalam rekaman dimana setiap tahanan dan napi disediakan makan dalam beberapa kukusan dengan lauk ikan asin.

Syaripudin juga menunjukan kamar khusus tahanan menengah ke bawah yang biasa digunakan untuk
bercinta. Sementara untuk kalangan menengah ke atas fasilitas bercinta dilakukan di ruang ber-air conditioner dan sofa multifungsi.

“Semua yang ada di sana (Rutan Salemba) ada harganya, tidak ada yang tidak ada bandrolnya,” ujar Syaripudin saat ditemui dikediamannya, di Jl Pintu 2 TMII, Makasar, Jakarta Timur, Senin (14/11/2011).

Syaripudin dengan gamblang menjelaskan detil gambar video itu.

Syaripudin diganjar hukuman penjara karena kasus pemalsuan dokumen yang dilakukan staf perusahaannya. Dia ditahan Polres Metropolitan Jakarta Pusat tanggal 14 November 2007 sampai Januari 2008.

16 Januari Syaripudin dikirim ke Rutan Salemba dengan status tahanan titipan Kejaksaan. Dia mendapatkan cuti bersyarat tanggal 7 Mei 2008, korting dua bulan dari massa pembebasan.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya