SOLOPOS.COM - Kantor KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri tutup, Jumat (4/2/2022). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Masalah yang muncul akibat kolapsnya Koperasi Simpan Pinjam Koperasi Kredit (KSP Kopdit) Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo, Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, hingga, Sabtu (12/3/2022) belum menemui titik terang.

Pengelola koperasi tersebut yang juga mantan Kepala Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo, SM, belum diketahui keberadaannya. Mayoritas warga Desa Sendangmulyo yang menjadi anggota koperasi masih menunggu itikad baik SM untuk mengembalikan dana simpanan warga yang mencapai miliaran rupiah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kendati persoalan itu masih melingkupi desa, tetapi kehidupan sosial di desa tetap normal. Tidak ada warga yang menggelar aksi menuntut pertanggungjawaban SM atau aksi lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Senin, Pelayanan SIM di Wonogiri Pindah ke Gedung Baru Satpas Selogiri

Sekretaris Desa (Sekdes) Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo, Dicky Nurul Ikhsan, kepada Solopos.com, Sabtu, menginformasikan kasus KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo hingga hari itu belum ada progres penyelesaian yang berarti. Hingga Sabtu tersebut SM belum pulang. Rumah SM masih kosong.

Dicky memperoleh informasi ada sejumlah warga yang mencari keberadaan SM, tetapi hingga kini belum membuahkan hasil. Sebagai informasi, SM pergi dari rumah bersama dua anaknya sejak KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo tutup, Desember 20221.

Belum Ada Pertemuan

Hingga sekarang, sambung Dicky, tidak ada satu pun perwakilan KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo atau perwakilan SM yang menemui anggota koperasi untuk memberi penjelasan mengenai penyelesaian kasus. Meski begitu belum ada anggota KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo yang membawa masalah tersebut ke ranah hukum, baik melapor polisi atau mengajukan gugatan perdata.

“Warga masih menunggu masalah itu diselesaikan dengan baik. Mereka ingin dana yang disimpan di koperasi bisa kembali,” ucap Dicky saat dihubungi.

Dia menyatakan turut prihatin atas terjadinya masalah itu. Mayoritas warga Desa Sendangmulyo menjadi anggota Kasus KSP Kopdit Perdana Sari Surakarta Pelayanan Tirtomoyo. Dicky tak memungkiri masalah tersebut membuat anggota koperasi resah mengingat dana yang mereka simpan di koperasi besar.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Kode Pos di Kabupaten Wonogiri

Kendati demikian, kasus itu tak sampai mengganggu aktivitas sosial warga. Kehidupan sosial warga tetap normal. Kondisi wilayah tetap kondusif aman. Tidak ada anggota koperasi yang menggelar aksi menuntut pertanggungjawaban pengelola koperasi.

“Kasihan orang tua, saudara, dan kerabat Ibu SM yang tinggal di desa. Mereka ikut terdampak masalah ini,” imbuh Dicky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya