SOLOPOS.COM - Kades Alastuwo terpilih, Sugimin (berpakaian jas dan dasi), berfoto bersama dengan sejumlah panitia pada Rabu (23/11/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Mantan Direktur Utama (Dirut) BKK Tasikmadu, Karanganyar, Sugimin, memenangi Pilkades pergantian antarwaktu (PAW) Desa Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, pada Rabu (23/11/2022).

Sugimin unggul dibandingkan dua calon lain dengan memperoleh 47 suara. Dua rivalnya yakni  Suparno dan Sutrisno masing-masing meraih 18 suara dan nol suara.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Secara keseluruhan jumlah pemilik suara di Pilkades PAW Alastuwo ada sebanyak 65 orang. Mereka terdiri atas tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan di masing-masing dusun, BPD dan perangkat desa.

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengapresiasi penyelenggaraan Pilkades PAW Alastuwo yang berjalan kondusif dan lancar. Sejumlah desa di Karanganyar juga sebelumnya telah melaksanakan pilkades yang sama, di antaranya di Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso; Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso; Baturan, Kecamatan Colomadu; dan Kebak, Kecamatan Jumantono.

“Pilkades PAW ini kan sudah berjalan di beberapa desa. Dan semuanya berjalan baik dan lancar. Ini menjadi pelajaran bagi semuanya bahwa pilkades bisa tidak menimbulkan ekses apa pun,” kata Juliyatmono.

Baca Juga: Pilkades PAW Alastuwo Dibuka Bupati Karanganyar Lalu Digelar Tertutup

Bupati meminta calon terpilih untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dengan penuh amanah. Selain itu, merangkul calon lain yang kalah untuk bersama-sama memajukan desa. “Calon terpilih ini kehendak Tuhan. Yang tidak terpilih jangan berkecil hati. Mari bersama-sama memajukan Desa Alastuwo,” katanya.

Pelantikan Kades PAW Alastuwo akan dilakukan dalam waktu dekat. Pelantikan dimungkinkan akan dibarengkan dengan 11 Kades terpilih dalam Pilkades serentak pada Rabu (11/11/2022) lalu. “Bisa kita barengkan nanti, ” kata Bupati.

Kades PAW Alastuwo terpilih, Sugimin, mengatakan akan melanjutkan program kerja kades lama. Jabatan kades akan dipegangnya selama 2,5 tahun mendatang. “Visi misinya kan sudah ada. Saya tinggal melanjutkan saja,” kata dia.

Baca Juga: Hasil Lengkap Pilkades Serentak 16 Kecamatan di Karanganyar

Sugimin juga menyatakan akan merangkul semua pihak dalam menjalankan roda pemerintahan desa. “Semua kan saudara. Jadi kita rangkul semua, termasuk dua calon lain, ” kata mantan Dirut BKK Tasikmadu tahun 2017 silam ini..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya