SOLOPOS.COM - Dua bakul Soto Ayam Warga, Mini (kiri) dan Yuni, menjual soto warga Rp3.000/mangkuk. Lokasinya di Jl. Veteran No. 35, Kroyo, Karangmalang, Sragen, Jumat (12/8/2022). (Istimewa/Huriyanto)

Solopos.com, SRAGEN — Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, diam-diam ternyata memiliki binaan warung soto. Namanya Soto Ayam Warga yang terletak di Jl. Veteran No. 35, Kroyo, Karangmalang, Sragen, tepatnya di depan RSI Amal Sehat Sragen.

Menu soto yang resepnya dari mantan Bupati Sragen itu harganya murah, hanya Rp3.000/mangkuk. Warung tersebut sebelumnya buka di Pusat Kuliner Veteran Brigjen Katamso Sragen. Lantaran pusat kuliner itu sepi kemudian pindah ke depan RSI Amal Sehat Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang penjual Solo Ayam Warga, Mini, saat berbincang dengan wartawan, Jumat (12/8/2022), menjelaskan nama warung sengaja menggunakan kata warga. Ini karena tujuan warung tersebut untuk warga dengan harga merakyat dan bisa menjangkau semua kalangan.

Dengan menjual soto seharga Rp3.000/mangkuk itu, kata Mini, tidak membuat warungnya bangkrut, tetapi justru untung besar. “Setiap hari bisa habis daging ayam 6 kg. Kalau dihitung porsinya, per hari bisa habis 250 mangkuk,” ujarnya.

Baca Juga: Kuliner Kali Talang Boyolali, Nikmatnya Makan Murah di Tengah Sawah

Pelanggannya banyak dari para pembesuk atau penunggu pasien serta pegawai  RSI Amal Sehat Sragen. Banyaknya juga pelanggan dari luar rumah sakit.

Mini menerangkan Warung Soto Ayam Warga ini sekarang punya tiga cabang, yakni di Batu Jamus, Jambangan, dan Tawangmangu. Sebenarnya banyak warung soto di Sragen seperti soto gimo, soto girin, soto cimplis, soto ledok, dan lainnya.

Dia mengatakan keunggulan soto ayam warga ini terletak pada harganya yang murah, tempatnya yang bersih, dan bumbunya yang enak, serta kuahnya yang bening.

“Resep bumbunya memang dari Pak Bupati sepuh [Untung Wiyono]. Warung ini merupakan binaan beliau. Harganya merakyat. Ibu Bupati Sragen [Kusdinar Untung Yuni Sukowati] pernah pesan di soto ini untuk hari jadi, sampai 200 porsi. Ada juga sekolahan yang pesan di sini,” katanya.

Baca Juga: Soto Sewu Bu Dwi Karanganyar, Penyelamat di Tanggal Tua

Makanan pelengkap lainnya harganya juga terjangkau, seperti gorengan hanya Rp1.000, babat, dan paru Rp4.000/sunduk, telun asin Rp4.000/butir, es teh Rp3.000/gelas, dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya