[ X ] CLOSE

EKONOMI MALAYSIA : Malaysia Waswas Tenaga Kerja Asing Kuasai Perekonomian

EKONOMI MALAYSIA : Malaysia Waswas Tenaga Kerja Asing Kuasai Perekonomian
SOLOPOS.COM - Bendera Malaysia (wikia.net)

Solopos.com, KUALA LUMPUR РPara pekerja asing di Malaysia berpotensi menguasai ekonomi negara tersebut. Hal itu lantaran jumlah tenaga kerja asing di negeri jiran mencapai 6,7 juta jiwa atau 22,3 persen dari jumlah penduduk negara itu.

Menteri Sumber Manusia Malaysia Datuk Seri Richard Riot Jaem mengatakan dari jumlah tersebut, hanya 2,1 juta pekerja asing yang mempunyai izin kerja sedangkan sisanya sebanyak 4,6 juta memasuki Malaysia secara ilegal.

“Jumlah 6,7 juta pekerja asing itu adalah hitungan Jabatan Perangkaan karena kita tidak memiliki data jumlah sebenarnya golongan pekerja itu,” katanya seperti dikutip berbagai media lokal di Kuala Lumpur, Rabu (12/11/2014).

Menurut dia, untuk saat ini pekerja asing menguasai hampir separuh dari pada kemahiran dalam bidang pertanian dan bidang pekerjaan lainnya.

Namun bukan tidak mungkin suatu hari nanti mereka akan menguasai bidang profesional jika warga setempat masih bersikap memilih pekerjaan.

“Saya menyarankan agar rakyat negara ini tidak terlalu memilih pekerjaan sementara majikan perlu bersikap adil dengan menawarkan gaji yang sesuai untuk warga lokal,” katanya.

Jumlah pekerja asing itu sekitar 22,3 persen dari jumlah penduduk Malaysia yang mencapai 30 juta jiwa sejak Februari.

Namun angka tersebut melebihi jumlah penduduk Selangor yang tercatat hanya 5,8 juta jiwa.

Hingga 30 Juni 2013, jumlah pekerja asing yang sah dan terdaftar di Malaysia mencapai 2.116.998 orang.

Menurut Wakil Menteri Dalam Negeri, Datuk Dr. Wan Junaidi Tuanku Jaafar, jumlah tersebut mewakili pekerja asing yang digaji secara sah dan dikeluarkan Pas Lawatan Kerja Sementara (PLKS) oleh Kantor Imigrasi Malaysia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago