top ear
Warga Pajang, Laweyan, berbincang dengan Cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, melalui Virtual Campaign Box, Senin (28/9/2020) sore. (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Warga Pajang, Laweyan, berbincang dengan Cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, melalui Virtual Campaign Box, Senin (28/9/2020) sore. (Istimewa)

Efektif Cegah Kerumunan, Virtual Campaign Box Gibran Panen Pujian Warga Solo

Metode kampanye Gibran Rakabuming sebagai calon wali kota Pilkada Solo 2020 lewat Virtual Campaign Box mendapat apresiasi warga.
Diterbitkan Selasa, 29/09/2020 - 07:00 WIB
oleh Solopos.com/Kurniawan
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Metode blusukan online atau virtual cawali Solo Gibran Rakabuming Raka menggunakan Virtual Campaign Box tiga hari terakhir efektif mencegah kerumunan warga yang berpotensi menyebarkan Covid-19.

Pada sisi lain, kendati tidak hadir secara langsung menyapa warga, penggunaan Virtual Campaign Box cukup efektif untuk berkomunikasi dua arah. Warga bisa berdialog tatap muka dengan Gibran kendati melalui layar televisi plasma.

Gibran juga bisa memaparkan visi-misi dan program kerjanya bila terpilih sebagai wali kota periode 2021-2024. Meski sesekali proses komunikasi Gibran dengan warga terganggu sinyal yang kurang baik, hal itu tak jadi persoalan.

Perempuan Kadipiro Jadi Pasien Ke-29 Solo Yang Meninggal Setelah Terpapar Covid-19

Lewat Virtual Campaign Box yang didorong oleh timnya menyusuri jalan kampung, Gibran menyapa warga langsung di rumah mereka. Warga cukup menunggu atau berdiri depan rumah masing-masing lalu tim akan mendatangi mereka.

Dengan begitu warga tidak berkumpul atau berkerumun pada satu tempat yang sama. Seorang warga Pajang, Bambang Supardjo, mengapresiasi terobosan baru kotak kampanye virtual yang Gibran dan timnya.

Ia pun sempat menggunakan kotak virtual itu saat blusukan online Gibran pada Senin (28/9/2020). Dengan antusias ia menyampaikan sejumlah masukan dan harapannya terkait pengembangan Solo ke depan.

Banyak Kasus Gigitan Anjing Sukoharjo, 100 Vaksin Rabies Gratis Dari Pemkab Ludes

“Saya berharap Mas Gibran bila kelak menjadi Wali Kota bisa mengatasi persoalan banjir yang sering melanda wilayah ini,” katanya.

Gibran yang tampil pada layar Virtual Campaign Box itu pun mencatat setiap masukan warga untuk menjadi pekerjaan rumahnya kelak.

Menjadi Contoh

Bambang menilai keberadaan kotak kampanye virtual Gibran layak menjadi contoh bagi para calon kepala daerah lain peserta Pilkada 2020. Tujuannya agar tahapan kampanye pilkada selama masa pandemi Covid-19 aman dari persebaran virus tersebut.

Kampanye Pilkada Solo 2020: Bajo Dan Tim Pemenangan Langsung Gas Pol Blusukan Door To Door

Walau, ia menilai untuk membuat kotak yang terdiri dari televisi plasma, laptop, modem internal, aki, web camera, mikrofon, speaker, tersebut tidak lah murah.

Ketua RT 004/RW 015 Bonorejo, Nusukan, Darmadi, memberikan apresiasi yang sama terhadap metode kampanye Gibran menggunakan Virtual Campaign Box. Gibran blusukan virtual ke wilayahh Bonorejo pada Sabtu (26/9/2020).

Menurut Darmadi, kotak kampanye virtual Gibran merupakan terobosan yang cerdas. Sebab dengan menggunakan kotak virtual itu calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah tak perlu terjun langsung berkampanye karena pandemi Covid-19. “Metode bagus ini. Kampanye virtual ala Mas Gibran,” terangnya.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini