SOLOPOS.COM - Edutorium UMS.

Solopos.com, SOLO — Gedung Edutorium UMS merupakan gedung multifungsi baru berskala besar milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berbagai fasilitas yang lengkap untuk berbagai event.

Bahkan, bentuk Edutorium UMS ini disebut-sebut mirip dengan Allianz Arena di Jerman. Nama Edutorium berasal dari akronim kata Education & Auditorium.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gedung ini berlokasi di Karangasem Solo, dengan gerbang utama di ruas Jl. Adi Sucipto Karanganyar dan gerbang samping di Jl. Garuda Mas Sukoharjo.

Tagline Gedung Edutorium UMS adalah Convention, Celebration, Exhibition, Art Space, Sport Hall. Convention bermakna dapat digunakan untuk rapat, seminar, konferensi, simposium, temu kader, gathering akbar, pengajian, dan muktamar.

Celebration bermakna penggunaan untuk acara pernikahan, wisuda, milad, peresmian, awarding, dan kegiatan sejenis.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Homestay Dadakan Muncul Di Sekitar Edutorium UMS

Fasilitas komplet Edutorium UMS tidak main-main karena punya main hall berkapasitas lebih dari 4.000 orang. Kemudian ada tribune dengan built in seats sekelas cineplex berkapasitas 2.000 orang.

Fasilitas lengkap Edutorium UMS.
Fasilitas lengkap Edutorium UMS.

Ditambah lagi dukungan area selasar yang luas memungkinkan gedung memuat 10.000 orang. Didukung oleh fasilitas built in sound system dan AC, menjadikan Edutorium UMS sangat representatif untuk berbagai acara.

Exhibition berarti wadah untuk kegiatan pameran, expo, dan aktivitas serupa. Main hall Edutorium dapat dimasuki mobil dengan akses loading yang mudah sehingga dapat digunakan untuk pameran otomotif.

Sementara Art Space bermakna sebagai wadah kegiatan seni, baik seni musik, tari, dan seni pertunjukan lain. Area back stage Edutorium UMS memiliki fasilitas lengkap, antara lain ruang persiapan pentas, ruang rias, dan ruang talent. Beberapa pegiat seni baik teater, tari, dan grup band sudah tampil di gedung ini.

Baca Juga: Jadi Venue ASEAN Para Games, Menpora Terpesona Kemegahan Edutorium UMS

Sport Hall, bermakna sebagai wadah kegiatan olahraga seperti bulutangkis, bela diri, dan beberapa kegiatan olahraga lain. Terdapat ruang wasit, ruang perangkat pertandingan, ruang locker atlet, tribun khusus difabel,dan tribune VVIP. Direncanakan gedung ini menjadi venue cabang olahraga bulu tangkis pada ASEAN Para Games 2022 tanggal 31 Juli-6 Agustus 2022.

Edutorium UMS
Edutorium UMS.

Gedung Edutorium UMS memiliki 4 lift, 4 eskalator, ratusan toilet, dan tempat parkir indoor dengan kapasitas 330 mobil yang juga dapat difungsikan sebagai area exhibition, dan memiliki tempat parkir outdoor dengan kapasitas 375 mobil dan ratusan motor.

Fasilitas lainnya adalah area parkir tambahan untuk Edutorium tersedia di Kampus IV UMS, hanya berjarak 500 m dari gedung. Edutorium berada di dalam kawasan Edupark seluas 5,7 hektare.

Edupark merupakan suatu kawasan ruang terbuka hijau milik UMS sebagai tempat alternatif untuk berolah raga, bersantai, dan dilengkapi dengan danau, jogging track, area bermain anak, serta restoran Dapur Solo sebagai mitra bisnisnya.

Baca Juga: Spektakuler! Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah Digelar di Edutorium UMS

Selain digunakan bagi kegiatan akademik, Edutorioum UMS yang punya berbagai fasilitas komplet ini disewakan juga untuk umum. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi akun instagram di @edutorium_official, kontak telepon/WA Edutorium Management di 081370007090, atau email di edutorium.ums.solo@gmail.com.

Edutorium UMS
Edutorium UMS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya