SOLOPOS.COM - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jateng Wilayah VII, Suratno membuka Edufair 2022 SMA Regina Pacis Solo didampingi Kepala SMA Regina Pacis Rosalia Widiastuti, Kamis (22/9/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — SMA Regina Pacis Kota Solo kembali menggelar kegiatan Edufair secara luring atau langsung, Kamis (22/9/2022). Dua tahun lalu, Edufair digelar online sebab masih terhalang pandemi Covid-19.

Kegiatan tahun ini berlangsung di Auditorium SMA Regina Pacis selama dua hari, Kamis – Jumat (22-23/9/2022).

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Edufair sendiri telah menjadi kegiatan rutin SMA Regina Pacis untuk memberikan informasi tentang studi lanjut dan karier bagi siswa, orang tua, dan masyarakat lebih luas. Bahkan tahun ini menjadi kali ke-24 Edufair digelar.

Puluhan perguruan tinggi di Indonesia hadir, seperti Unika Soegijapranata, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Sanata Dharma, dan lainnya. Edufair juga menghadirkan puluhan perguruan tinggi dan lembaga pendidikan internasional. Di antaranya dari Monash University Malaysia, Xiamen University Malaysia, Curtin University & Curtin College Australia, Melbourne Institute of Technology (RMIT), University of New South Wales, dan lainnya.

Acara dibuka dengan meriah oleh penampilan tari merak, orkes keroncong, dan persembahan lagu dari siswa. Tampak hadir pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VII Jawa Tengah Suratno didampingi oleh Kepala SMA Regina Pacis Rosalia Widiastuti, guru, karyawan dan para suster.

Baca Juga: Lengkap! Ini Daftar SMA Swasta per Kecamatan di Solo

Dalam sambutannya, Kepala SMA Regina Pacis Rosalia Widiastuti mengatakan dua kali Edufair digelar online tak menyurutkan semangat siswa dan perguruan tinggi. Terbukti pada Edufair 2022 terhitung 61 perguruan tinggi dan lembaga pendidikan hadir memberikan layanan informasi studi dan pendidikan lanjut.

“Selama dua tahun pandemi Edufair digelar secara online ini tidak menyurutkan semangat siswa dan perguruan tinggi untuk ikut serta dalam kegiatan ini,” kata Rosa.

Memberikan layanan informasi studi lanjut menurutnya menjadi tanggung jawab sekolah, siswa, dan orang tua. Edufair diharapkan mampu memberikan informasi yang objektif tentang studi lanjut dan karier siswa. Kedua, Edufair diharapkan mampu menumbuhkan kerjasama yang baik antara SMA Regina Pacis dan perguruan tinggi terlibat.

Baca Juga: 17 SMA di Solo Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik Versi UTBK 2022, Ini Daftarnya

 

Para siswa SMA Regina Pacis mengunjungi Edufair 2022 di Auditorium SMA Regina Pacis, Kamis (22/9/2022). Edufair merupakan agenda rutin SMA Regina Pacis yang bertujuan memberikan informasi studi lanjut dan karier bagi siswa. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)
Para siswa SMA Regina Pacis mengunjungi Edufair 2022 di Auditorium SMA Regina Pacis, Kamis (22/9/2022). Edufair merupakan agenda rutin SMA Regina Pacis yang bertujuan memberikan informasi studi lanjut dan karier bagi siswa. (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Tak hanya menikmati Edufair, siswa dan orang tua  juga bisa berkunjung ke puluhan booth yang menjual berbagai hasil karya wirausaha siswa. Ada olahan makanan dan kerajinan tangan.

“Kehadiran ini diharapkan memberikan informasi yang objektif dan menumbuhkan kerjasama yang simultan antara SMA Regina Pacis dan perguruan tinggi. Bersamaan dengan acara ini, kita ada gelar karya proyek kewirausahaan hasil dari penguatan profil pelajar Pancasila yang digelar di auditorium,” imbuh dia.

Sementara Suratno mengapresiasi penuh gelaran Edufair 2022 SMA Regina Pacis. Ia yakin siswa-siswi SMA Regina Pacis telah mengkomunikasikan apa yang akan menjadi pilihan studi lanjut mereka. Tekun, menjadi kunci kebahagiaan.

“Saya yakin anak-anak mungkin sudah bicara dengan orang tua tentang passion mereka. Apa yang paling diminati itu lah yang kalian pilih. Karena apa pun kalau ditekuni itu akan menjadi kebahagiaan,” kata Suratno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya