top ear
Sapi warga Jombang dicuri (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
  • SOLOPOS.COM
    Sapi warga Jombang dicuri (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)

Edan! Pencuri Gasak 6 Sapi Warga Satu Kampung di Jombang

Enam ekor sapi milik warga satu kampung di Jombang, Jawa Timur dicuri, korban rugi Rp96 juta
Diterbitkan Minggu, 18/10/2020 - 01:00 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 menit baca

Solopos.com, JOMBANG -- Aksi gerombolan pencurian hewan (Curwan) di Jombang terbilang nekat dan gila. Karena enam ekor sapi milik warga Dusun Nanggalan, Desa Watugaluh, Kecamatan Diwek, raib hanya dalam semalam.

Salah seorang korban yakni Kuzaini, 43, warga Dusun Nanggalan. Dia kehilangan dua ekor sapi jenis limousin umur 1,5 tahun dan 2 tahun.

Istri Kuzaini, Sri Wahyuni, 36, mengatakan hilangnya dua sapi miliknya baru diketahui Sabtu pagi pukul 05.00 WIB. Saat itu suaminya hendak memberi makan sapi di kandang yang terletak di belakang rumahnya.

"Dari enam ekor di kandang, dua ekor sapi saya hilang dicuri," kata Wahyuni kepada wartawan di rumahnya, Sabtu (17/10/2020).

Musim Layangan Datang, Petani di Madiun Mengeluh Sawahnya Rusak Diinjak Anak-Anak

Ia menjelaskan, keluarganya sempat mendengar suara sapi dini hari tadi. Namun, keluarganya tak menyangka gerombolan pencuri sedang menyatroni kandang miliknya. Karena suara itu biasa dari sapi yang waktunya kawin.

"Kami temukan jejak sapi ke arah sawah. Kemungkinan sapi dituntun pencuri dari kandang ke sawah di sebelah selatan rumah saya ini," terangnya.

Kepala Dusun Nanggalan Rofiq, 50, menjelaskan, sapi yang hilang dalam semalam berjumlah enam ekor. Keenam sapi tersebut milik lima warganya.

Tiga Kebakaran Kandang Ternak Terjadi selama 8 Hari di Wonogiri, Penyebabnya Sama?

Melalui Sawah

Yakni Kuzaini kehilangan dua ekor sapi jenis limousin. Sugiono, 55, satu ekor sapi limousin umur 3 tahun. , Bandi, 48, kehilangan satu sapi blasteran umur 6 tahun. Kudin, 38, satu ekor sapi limousin umur 3 tahun, Serta Arifin, 63, kehilangan satu ekor sapi limousin umur 6 tahun.

"Keterangan warga, enam sapi itu diperkirakan dicuri antara pukul 01.00 WIB sampai 03.00 WIB. Sudah kami laporkan ke Polsek Diwek," ungkapnya.

Gerombolan pencuri, lanjut Rofiq, diperkirakan masuk ke Dusun Nanggalan melalui sawah dan kebun bambu di belakang permukiman penduduk. Selain ditemukan jejak kaki sapi ke arah sawah, jalur tersebut juga mengarah ke jalan raya.

"Melalui jalur itu tembus ke Jalan Gus Dur dan ke arah Gudo. Kalau ke timur melalui Jalan Gus Dur bisa langsung ke arah Surabaya," jelasnya.

Satpol PP Semarang Operasi Yustisi, Tapi Kok Bagi-Bagi Jamu

Sementara Kapolsek Diwek AKP Achmad Chairuddin menuturkan, pihaknya telah menerima laporan dari para korban yang kehilangan enam sapi. Saat ini pihaknya menyelidiki pelaku pencurian dibantu Satreskrim Polres Jombang.

"Kami masih melakukan penyelidikan, pelaku kami perkirakan lebih dari dua orang karena sapi yang dicuri enam ekor," cetusnya.

Menurut dia, para pelaku menggunakan truk untuk mengangkut sapi-sapi hasil curian.

"Para pelaku mengambil sapi tersebut dari tiap-tiap kandang milik korban dengan melepas tali tamparnya. Kemudian sapi dituntun persawahan, lalu diangkut dengan truk," tandasnya.

 


Editor : Profile Arif Fajar Setiadi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

    berita terpopuler

    Iklan Baris

    Properti Solo & Jogja

    berita terkini