SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gerbang Tol Otomatis (GTO) Boyolali. (Dok.SoloposTV)

Solopos.com, SOLO – E-toll expired atau kadaluarsa karena terlalu lama berhenti di rest area? Tenang, itu hanya perkara sistem monitoring kendaraan oleh Jasa Marga yang tak membuat saldo anda berkurang.

Pertanyaan terhadap hal itu mencuat seiring viralnya video yang diunggah di akun TikTok @campercar.id, Rabu (7/9/2021). Video itu menceritakan karena capek perjalanan antar provinsi, pengguna tol ketiduran di rest area. Dan pengguna tol tersebut mendapati keterangan “Expired” saat keluar Gardu Tol Otomatis (GTO).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Rapat Lanjutan UGR Jalan Tol Solo-Jogja di Klaten Berjalan Panas, Diwarnai Gebrak-Gebrak Meja

Hal tersebut tak hanya dialami pemilik akun TikTok tersebut. Hastuti, 33, warga Solo juga menceritakan pengalaman serupa yang dialaminya di GTO Boyolali, Kamis (9/9/2021) pagi. “Sama. Kata petugas ini hanya sistem monitoring dan tak ada denda saldo,” kata dia kepada Solopos.com.

Lebih lanjut, Hastuti menerangkan tak perlu 3 menit petugas membantu mengatasi masalah itu. Petugas menginput beberapa kode pada tombol di GTO dan ketereangan expired berubah menjadi keterangan saldo dan biaya tol yang telah ditempuh.

Petugas, lanjut Hastuti, juga menerangkan notifikasi tersebut muncul saat waktu perjalanan melebihi estimasi kecepatan normal. “Ya karena memang saya sempat lama di rest area,” terang Hastuti.

Baca Juga: Target Konstruksi Jalan Tol Jogja-Bawen Akhir Tahun Ini

Sebagaimana dilansir Detik.com, warganet sempat khawatir dan mempertanyakan saldo uang elektronik berkurang akibat notifikasi tersebut.

Namun, AVP Corporate Communication Jasa Marga Dimawan Heru menegaskan penerapan batas waktu di dalam tol hanya dilakukan untuk monitoring. Dia memastikan hal itu tak terkait pemberian sanksi atau denda kepada pengguna. “Kami juga tidak pernah mengenakan denda atau sanksi atas kejadian tersebut,” terangnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).

Baca Juga: Rest Area Tol Solo-Jogja Terbelah Jalan Bakal Jadi Ciri Khas Klaten

Belum semua pengguna tol memahami kebijakan tersebut. Hal itu tergambar dari sejumlah komentar dari postingan akun TikTok @campercar.id tadi. Pantauan Solopos.com, unggahan itu telah mendapatkan 677 komentar dan 11,8 ribu like.

Berikut di antaranya komentar warganet untuk unggahan itu:

@hai “Ini bisa expired karena berkemah dulu di tengah tol kah?”

@Hai Mommy Aquarius “Saya baru tau bisa exp. Gimana maksudnya sih?”

@deachannel150 “Lebih baik istirahat daripada beresiko di jalan klo dalam keadaan capek”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya