DUTA MUSEUM : Pemenang Digandeng Promosikan & Ramaikan Museum

SHARE
DUTA MUSEUM : Pemenang Digandeng Promosikan & Ramaikan Museum
SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono (dua dari kiri) dan Kabid Permuseman Kuswandhari berfoto bersama panitia penyelenggara Pemilihan Duta Museum 2016?. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Duta Museum merupakan agenda gerakan nasional cinta museum.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar Pemilihan Duta Museum, tahun ini. Acara tahunan ini merupakan upaya mendekatkan museum dengan masyarakat karena duta museum yang terpilih akan menjadi agen gerakan nasional cinta museum.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono mengatakan saat ini perlu dilakukan terobosan menarik minat berkunjung ke museum.

“Selain kelengkapan koleksi museum saat ini dibutuhkan yang colorful and fun di museum terutama bagi anak-anak,” kata dia dalam jumpa pers Pemilihan Duta Museum 2016 di kantor Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (16/6/2016).

Umar mengatakan dari pengalamannya berkunjung ke berbagai museum di beberapa negara, butuh keterlibatan pemerintah dan masyarakat untuk menarik minat kunjungan ke museum. Ia mencontohkan museum di Korea Selatan yang menyimpan koleksi asli benda peninggalan kerajaan Sila sebelumnya hanya didatangi mahasiswa dan orang-orang yang berkepentingan dalam penelitian.

Namun setelah beberapa sekolah mewajibkan siswanya berkunjung ke museum, museum itu semakin ramai.
“Karena sekolah menjadikan kunjungan ke museum bagian dari syarat kelulusan,” ujar dia.

Umar menyatakan seiring waktu pihaknya mulai membangun jejaring dengan berbagai komunitas, intansi dan masyarakat untuk meramaikan museum. Keberadaan museum sebagai tempat budaya dan kesenian, pendidikan dan ilmu pengetahuan, serta sejarah dan perjuangan. Tanpa dukungan semua pihak potensi museum akan sia-sia.

Ia berharap Pemilihan Duta Museum ini tidak hanya mengedepankan orang yang kompeten, namun juga intens dan memiliki kesenangan dalam bidang permuseuman. Karena duta museum nantinya punya kontrak tugas membawa, mengajak, dan mengadvokasi anak-anak muda untuk mengunjungi museum.

Selain itu duta museum nantinya juga akan diikutkan dalam berbagai kegiatan promosi dan studi komparasi dengan berbagai museum di indonesia dan luar negeri.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago