SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono (dua dari kiri) dan Kabid Permuseman Kuswandhari berfoto bersama panitia penyelenggara Pemilihan Duta Museum 2016?. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Duta Museum merupakan agenda gerakan nasional cinta museum.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar Pemilihan Duta Museum, tahun ini. Acara tahunan ini merupakan upaya mendekatkan museum dengan masyarakat karena duta museum yang terpilih akan menjadi agen gerakan nasional cinta museum.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Umar Priyono mengatakan saat ini perlu dilakukan terobosan menarik minat berkunjung ke museum.

“Selain kelengkapan koleksi museum saat ini dibutuhkan yang colorful and fun di museum terutama bagi anak-anak,” kata dia dalam jumpa pers Pemilihan Duta Museum 2016 di kantor Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (16/6/2016).

Umar mengatakan dari pengalamannya berkunjung ke berbagai museum di beberapa negara, butuh keterlibatan pemerintah dan masyarakat untuk menarik minat kunjungan ke museum. Ia mencontohkan museum di Korea Selatan yang menyimpan koleksi asli benda peninggalan kerajaan Sila sebelumnya hanya didatangi mahasiswa dan orang-orang yang berkepentingan dalam penelitian.

Namun setelah beberapa sekolah mewajibkan siswanya berkunjung ke museum, museum itu semakin ramai.
“Karena sekolah menjadikan kunjungan ke museum bagian dari syarat kelulusan,” ujar dia.

Umar menyatakan seiring waktu pihaknya mulai membangun jejaring dengan berbagai komunitas, intansi dan masyarakat untuk meramaikan museum. Keberadaan museum sebagai tempat budaya dan kesenian, pendidikan dan ilmu pengetahuan, serta sejarah dan perjuangan. Tanpa dukungan semua pihak potensi museum akan sia-sia.

Ia berharap Pemilihan Duta Museum ini tidak hanya mengedepankan orang yang kompeten, namun juga intens dan memiliki kesenangan dalam bidang permuseuman. Karena duta museum nantinya punya kontrak tugas membawa, mengajak, dan mengadvokasi anak-anak muda untuk mengunjungi museum.

Selain itu duta museum nantinya juga akan diikutkan dalam berbagai kegiatan promosi dan studi komparasi dengan berbagai museum di indonesia dan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya