SOLOPOS.COM - Stupa di Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Jawa Tengah. (Instagram @dusunsemilir)

Solopos.com, UNGARAN — Dusun Semilir tepi jalan raya Solo-Semarang, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah baru dibangun medio 2018. Namun, salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang itu belakangan hari ini menyita perhatian wisatawan.

Mengusung konsep Eco Park, objek daya tarik weisata ini menyatukan antara keindahan alam dan budaya daerah. Mengandalkan view yang instagramable, Dusun Semilir selalu menjadi destinasi wisata yang ramai pengunjung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Posisinya di tepi jalur jalan utama pembelah Jawa Tengah arah utara-selatan, membuat lokasi objek daya tarik wisata ini strategis. Pengunjung dapat menggunakan jalur jalan tol Tembalang-Ungaran dan Ungaran-Bawen jika dari arah Kota Semarang.

Simpan 16 Kardus Hand Sanitizer, Dua Orang di Semarang Ditangkap

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan jarak sejauh 37,1 km, pengunjung akan menempuh waktu selama 42 menit untuk sampai ke Dusun Semilir. Sedangkan jika dari arah Solo, pengunjung dapat menggunakan jalur jalan tol Semarang-Solo.

Dengan menempuh perjalanan sejauh 70,5 km, pengunjung akan memakan waktu 1 jam 14 menit. Saat memasuki pelataran Dusun Semilir, pengunjung akan disuguhi pemandangan tujuh bangunan megah yang menyerupai stupa dari kaca dan rangka besi.

Stupa-stupa ini diyakini menjadi ikon dari Dusun Semilir karena bangunannya yang unik. Arsitektur tersebut terinspirasi dari Candi Borobudur.

Kartu Elektronik

Dusun Semilir buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 19.00 WIB. Namun saat akhir pekan atau hari libur, objek wisata ini akan tutup pada pukul 21.00 WIB.

Hanya dengan membayar Rp20.000 pengunjung sudah bisa menikmati keindahan interior Dusun Semilir. Eits.. selain tiket masuk, pengunjung harus membeli kartu elektronik sebagai alat pembayaran di sana.

Pengunjung harus mengisi kartu elektronik minimal Rp50.000. Perinciannya, Rp10.000 untuk deposit dan Rp 40.000 berupa saldo yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Ini Cerita Rumah Akar yang Instagramable di Kota Lama

Jika saldo habis jangan khawatir karena disediakan konter untuk melakukan top up. Tidak usah pula khawatir jika saldo masih tersisa, pengunjung bisa me-refund atau menukar saldo dengan uang cash.

Wahana Asyik

Tempat wisata yang menarik pasti mempunyai wahana yang mengasyikkan. Di Dusun Semilir terdapat beberapa wahana yang patut dicoba, seperti Teras Gunung dan Gunungan Foodpark.

Tempat itulah yang paling digemari di Dusun Semilir. Dengan konsep jembatan layang, jembatan Teras Gunung membentang dari lobi stupa menuju ke kawasan taman wisata. Disebut juga sebagai colorful bridge karena di sepanjang jembatan ini menjual bermacam aksesori dengan latar belakang pemandangan yang eksotis.

Selanjutnya ada Gunungan Foodpark atau pengunjung menyebutnya food paradise. Bagi pengunjung yang suka wisata kuliner, tempat ini sangat cocok. Puluhan jenis karya kuliner khas Nusantara akan disuguhkan dengan view yang super cantik.

Didi Kempot Janjikan Lagu tentang Temanggung

Selain dua tempat tadi, ada satu lagi wahana yang sedang naik daun. Wahana ini akan menantang adrenalin pengunjung, yaitu Prosotan. Eits... bukan sembarang Prosotan ya. Prosotan ini memiliki ketinggian 27 m.

Seperti yang dipantau Semarangpos.com pada akun Instagram wisata Semarang @wisatasemarang, wahana ini didesain berwarna-warni dan pengunjung akan disuguhkan dengan view Dusun Semilir saat meluncur.

Wahana prosotan ini baru dibuka pada 26 Januari 2020 lalu. Sayang sekali tidak semua bisa naik wahana ini. Wahana ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang memiliki tinggi minimal 120 cm dan berat kurang dari 100 kg. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya