SOLOPOS.COM - Ilustrasi bungan melati (IST/bunganusantara.com)

Warga bisa menanam melati di media pot atau langsung di tanah

Harianjogja.com, BANTUL-Tanaman bunga melati digadang-gadang jadi ciri khas Dusun Gunungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pencanangan ini dimulai dengan mewajibkan dengan setiap rumah yang ada di Dusun Gunungan untuk menanam bunga melati. Warga bisa menanam melati di media pot atau langsung di tanah.

Kepala Desa Sumbermulyo Ani Widayati menuturkan, setiap wilayah di Kabupaten Bantul ini punya ikon sendiri-sendiri sehingga menjadi ciri khas setiap dusun. Oleh sebab itu, melati dipilih bagai ikon agar mudah diingat oleh masyarakat.

Selain itu, kebutuhan masyarakat akan bunga melati baik untuk hajatan atau keperluan lainnya cukup tinggi. Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat harus mencari di pusat penjualan bunga dengan harga cukup tinggi.

Ani berharap dengan adanya tanaman bunga melati di setiap rumah, kebutuhan tersebut dapat terpenuhi secara mandiri. “Sewaktu-waktu butuh bunga melati tinggal petik. Jika kurang masih ada tetangganya yang bisa dimintai bunga melati,” ujarnya, Kamis (16/11/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya