SOLOPOS.COM - Logo Gunungkidul

Warga mendapatkan keuntungan dengan menabung berbagai jenis sampah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sekaligus untuk menjaga kebersihan, Dusun Sambirejo, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong mendirikan bank sampah. Dengan adanya bank sampah, warga mendapatkan keuntungan dengan menabung berbagai jenis sampah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dusun Sawahan Dwi Yuliana mengatakan, Bank Sampah Sambirejo mengelola sampah berupa plastik, kertas, kaleng, botol kaca, dan sebagainya untuk dipilah kemudian dijual. Hasil dari penjualan sampah tersebut kemudian ditabung dan dikelola bank sampah. Sementara, keuntungan dari penjualan menjadi kas operasional bank sampah.

“Hasil penjualan ditabung di bank sampah, saat warga membutuhkan hasil penjualannya dapat mengambil langsung ke bank,” kata Dwi seperti dilansir dari laman resmi Desa Sawahan belum lama ini.

Dengan adanya bank sampah yang dikelola pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat meningkatkan kesadaran untuk mejaga kebersihan. Oleh karena itu, dampak buruk, seperti penyakit yang ditimbulkan akibat sampah dapat semakin diminimalkan.

Di sisi lain dengan tingginya antusiasme warga menjadi nasabah bank sampah, dia berharap dapat membawa dampak positif bagi perekonomian warga. “Harapannya bank sampah yang telah dirintis kurang lebih empat bulan terakhir ini dapat terus ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya