SOLOPOS.COM - Pencanangan Kampung KB di Dusun Cembing, Desa Trimulyo, Jetis, Bantul, Selasa(10/10/17). (M102/JIBI/Harian Jogja)

Pemerintah menyosialisasikan Kampung KB di Dusun Cembing, Trimulyo, Jetis, Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL— Salah satu program pemerintah dalam menekan angka kelahiran adalah melalui Kampung Keluarga Berencana (KB). Dusun Cembing, Trimulyo, Jetis, Bantul merupakan salah satu kampung yang kini digadang-gadang sebagai Kampung KB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Selasa (10/10), sosialisasi terkait Kampung KB digelar di Dusun Cembing,  Desa Trimulyo Bantul.  Kasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bantul Irna Hermawati menjelaskan, Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana serta pembangunan sektor terkait demi mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Menurut dia, pemilihan sebuah dusun sebagai Kampung KB karena mempertimbangkan kondisi kampung tersebut yang dinilai tertinggal dari kampung lainnya. Sebelumnya pada 2016 juga telah dilakukan pencanangan Kampung KB diantaranya di Kampung Jasem, Srimulyo, Piyungan serta sebuah kampung di Kecamatan Sedayu.

“Yang sudah keliatan memang di Jasem,  ketahan keluarga meningkat, kondisi fisik juga meningkat,” katanya kepada harianjogja.com, Selasa (10/10).

Salah satu cara meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam Kapung KB tersebut menurut dia adalah dengan menggandeng tokoh masyarakat setempat.  Selama ini sejumlah hambatan menjadi kendala penerapan Kampung KB antara lain, faktor budaya, beberapa masyarakat masih sulit mengakses pelayananan KB serta kesulitan mengakses pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya