SOLOPOS.COM - Durian siap santap. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Meski terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan legit, namun durian kerap dikaitkan dengan menyebabkan darah tinggi. Benarkah hal ini? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Hipertensi atau darah tinggi jika tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi, termasuk serangan jantung dan stroke, aneurisma, gagal jantung, melemah dan menyempitnya pembuluh darah di ginjal, penyempitan pembuluh darah yang robek di mata, sindrom metabolik , masalah dengan memori atau pemahaman, dan demensia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cita rasa durian yang sangat manis pun sering dituding bisa menyebabkan darah tinggi, apakah ini hanya mitos ataukah fakta? Mengutip laman sobatnestle.co.id, Senin (18/4/2022),  dalam satu penyajian sebanyak 100 gram, durian memberikan 147 kalori dan 3,8 gram serat yang memenuhi 15% kebutuhan yang direkomendasikan per hari. Akan tetapi memakan durian terlalu banyak punya dampak buruk bagi tubuh, terutama untuk Ibu dan anak-anak.

Baca Juga: Hipertensi Jadi The Silent Killer, Ini Tips Cegah Tekanan Darah Tinggi

Namun pendapat yang menyatakan bahwa durian menyebabkan darah tinggi hanyalah mitos. Sebab menurut ahli jantung di Rumah Sakit Davao Doctors, Dr. Bernard Chiew,  makan durian rupanya tidak memicu tekanan darah Anda melonjak.

Dikutip dari laman Edge Davao, salah satu spesialis jantung terkemuka di Davao ini mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan durian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat saat makan durian. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties. Studi ini menyelidiki korelasi antara asupan durian dan peningkatan tekanan darah dan detak jantung pada pria sehat.

Para peserta mengonsumsi plasebo 250 gram atau 500 gram daging durian. Tekanan darah dan detak jantung diukur pada berbagai interval hingga 24 jam. “Tekanan darah sistolik dan diastolik tetap normal untuk kelompok yang diberi durian,” kata studi tersebut. “Namun, peningkatan signifikan dalam detak jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 gram durian dalam waktu setengah hingga 2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.”

Baca Juga: Cara Lezat dan Aman Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Namun, seperti buah-buahan lainnya, durian harus dimakan dalam jumlah sedang. Meski, tak ada kaitannya dengan hipertensi sama sekali. “Tidak ada bukti ilmiah atau medis yang dapat menyebabkan darah tinggi,” kata Presiden Asosiasi Pengembangan Industri Kakao dari Mindanao, Inc., Val Turtur,

“Ketika Anda makan lebih banyak dari rata-rata, itu dapat menyebabkan hipertensi. Segala sesuatu yang terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah.”

Meski tidak terbukti menyebabkan darah tinggi, sebaiknya tetap dihindari makan durian berlebihan.  Pasalnya, ada sejumlah bahaya makan durian berlebihan. Berikut ini risikonya seperti dikutip dari promag.id pada Senin (18/4/2022):

Baca Juga: Penyuka Durian Wajib Datang ke Pasar Kembang Klaten, Dijamin Tak Rugi

– Durian mengandung gas sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan perut kembung, masalah pencernaan lainnya.
– Konsumsi durian akan menyebabkan asam lambung meningkat. Jelas ini buruk bagi mereka yang bermasalah dengan asam lambung.
– Durian merupakan makanan sumber energi dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Konsumsi durian secara berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah.
– Dalam 1 kg durian mengandung 1.500 kalori. Jumlah ini sangat tinggi, bahkan mencapai 70 persen dari kebutuhan kalori harian.
– Konsumsi durian secara berlebih bisa memicu kontraksi saraf di kepala hingga menyebabkan sensasi pusing. Kondisi ini sering disebut dengan istilah mabuk durian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya