SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi. (Dok.JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, ALABAMA— Seorang bayi laki-laki di Amerika Serikat lahir di usia prematur yakni, 21 pekan lebih satu hari. Bayi prematur ini telah disertifikasi sebagai bayi paling prematur di dunia yang dapat bertahan hidup.

Dilansir Liputan6 dari BBC, Kamis (11/11/2021), Curtis Means, dikirim di Birmingham, Alabama, tahun lalu dengan berat hanya 420 gram. Guinness World Records mengkonfirmasi bahwa Curtis, yang kini telah berkembang pesat pada usia 16 bulan membuat rekor baru.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Biasanya usia kehamilan penuh memakan waktu sekitar 40 pekan, sehingga Curts mengalami prematur hampir 19 minggu. Ibunya, Michelle Butler, dilarikan ke rumah sakit pada malam hari tanggal 4 Juli 2020 di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

Baca Juga: Naik Tajam, Malaysia Laporkan 6.243 Kasus Baru Covid-19

Keesokan harinya dia melahirkan anak kembar, yang diberi nama Curtis dan C’Asya. Namun salah satu anaknya, C’Asya meninggal sehari kemudian.

Dengan peluang bertahan hidup yang kurang dari satu persen, Curtis dapat bertahan dalam perawatan intensif. Dia dilepas dari ventilator setelah tiga bulan dan dipulangkan pada April setelah 275 hari berada di rumah sakit.

Namun karena kondisinya, terapis harus membantunya belajar bernapas dan menggunakan mulutnya untuk makan. “Akhirnya bisa membawa pulang Curtis dan mengejutkan anak-anak saya dengan adik laki-laki mereka adalah momen yang akan selalu saya ingat,” ujar Michelle Butler, dari perdesaan Eutaw, Alabama.

Baca Juga: Gelombang Ke-4 Covid-19 di Jerman, Kasus Kematian Terus Bertambah

Curtis yang memiliki tiga kakak laki-laki, masih membutuhkan oksigen tambahan dan selang makanan, tetapi dokter mengatakan bahwa dia dalam keadaan sehat. Dr Brian Sims, ahli neonatologi Universitas Alabama di Birmingham yang mengawasi persalinan mengungkapkan ketakjubannya.

“Saya telah melakukan ini hampir 20 tahun, tetapi saya belum pernah melihat bayi semuda ini sekuat dia. Curtis adalah sesuatu yang istimewa,” ujar Sims.

Sebelumnya rekor bayi paling prematur dipegang oleh bayi Wisconsin Richard Hutchinson, yang lahir hanya sebulan sebelumnya pada 21 pekan lebih dua hari.

Sebelum Richard, rekor itu tak pernah terpecahkan selama 34 tahun yang dipegang oleh bayi laki-laki yang lahir di Ottawa, Kanada, pada usia 21 pekan dan lima hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya