Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Dukung Vokasi, Astra Motor Jateng Resmikan AHASS Teaching Factory di Boyolali

Main Dealer Astra Motor Jateng, Kamis (29/12/2022), meresmikan AHASS Teaching Factory (TEFA), di salah satu SMK binaan AHM sebagai wujud kepedulian dan komitmen tinggi di bidang vokasi.
SHARE
Dukung Vokasi, Astra Motor Jateng Resmikan AHASS Teaching Factory di Boyolali
SOLOPOS.COM - Main Dealer Astra Motor Jateng, meresmikan AHASS Teaching Factory (TEFA) di SMK Negeri 1 Wonosegoro, Boyolali, Kamis (29/12/2022). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI – Sebagai wujud kepedulian dan komitmen tinggi di bidang vokasi, main dealer Astra Motor Jateng, meresmikan AHASS Teaching Factory (TEFA), di SMK Negeri 1 Wonosegoro Boyolali, Kamis (29/12/2022).

Bekerja sama dengan bengkel AHASS Kurnia Motor Karanggede,  SMK binaan Astra Honda Motor (AHM) tersebut akan menerapkan pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor dan menjadi Pos AHASS TEFA pertama di Jawa Tengah.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Event ini hadir dengan menerima langsung sejumlah 35 service motor gratis sebagai pengenalan pos AHASS TEFA baru ini kepada masyarakat.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

AHASS TEFA merupakan konsep belajar yang berorientasi pada unit produksi di dalam sekolah untuk mendukung proses belajar para peserta siswa/siswi. Diharapkan peserta didik mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang perkembangan dunia industri dan bisnis sepeda motor Honda di Indonesia secara nyata.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Baca Juga: Ditutup Besok! Jangan Lupa Segera Daftar Lomba Foto Astra 2022 Berhadiah Motor

Hingga November 2022 Jawa Tengah (Kares Semarang, Pati, Pekalongan dan Surakarta) sudah memiliki 63 SMK Binaan dan telah memiliki 5 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh anak didik SMK Mitra Binaan AHM yang ingin mengikuti UKK Astra Honda.

Technical Service Manager Astra Motor Jateng Hery Suryo mengatakan pos AHASS TEFA ini dihadirkan dan dikembangkan untuk membawa suasana industri ke sekolah agar para peserta didik mampu menghasilkan produk berkualitas industri sekaligus menguasai keahlian berdasarkan prosedur dan standar kerja industri yang sesungguhnya.

“Bisa dikatakan Pos AHASS TEFA ini bentuk pengenalan awal agar generasi muda lebih siap menghadapi industri baik secara pengalaman, pengetahuan, maupun keterampilan yang dikemas secara profesional. Semoga melalui program ini semakin banyak generasi muda unggul yang siap berkompetisi didunia kerja,” ucap Hery dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Seru! 6 Bikers Komunitas CBR Honda Jateng Melibas Trek Sirkuit Mandalika

Pengembaangan SDM

AHASS TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Grade A+ merupakan standar tertinggi yang ditetapkan AHM untuk SMK Mitra Binaannya dalam memenuhi fasilitas sarana dan prasarana yang meliputi ruang praktik, kelengkapan laboratorium, variasi unit sepeda motor, serta tools dan perlengkapan praktik. Tenaga pengajar atau guru juga disyaratkan memenuhi kompetensi sesuai standar sertifikasi dari AHM.

Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2, serta fasilitas pendukung lainnya.

AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA, demi menjamin kepuasan konsumen.

Baca Juga: Seru-seruan sambil Belajar lewat Joy of Creating Bersama Honda Motor Jateng

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, teknisi AHASS mitra akan memastikan setiap proses pengerjaan dan hasil kerja siswa yang dilakukan di Pos AHASS TEFA.

Kepala SMKN 1 Wonosegoro, Eko Prasetyo menyampaikan ucapan dan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan sehingga SMKN 1 Wonosegoro ini dapat terpilih sebagai pos AHASS TEFA pertama di Jawa Tengah.

“Implementasi kinerja budaya industri menjadikan anak didik kami semakin sigap dan cerdas dalam berbisnis serta mengerti bagaimana pelayanan terbaik bagi konsumennya. Pos AHASS TEFA ini sudah berjalan dan siap beroperasi menerima konsumen dengan jam buka 8 pagi sampai dengan 4 sore,” kata Eko.

Sesuai dengan semangat Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui program pendidikan, Pos AHASS TEFA ini akan hadir secara bertahap di berbagai SMK Mitra Binaan AHM lainnya di Jawa Tengah dan dapat dimanfaatkan juga oleh para konsumen sepeda motor Honda dalam menjaga kualitas sepeda motornya.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode