SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibis Trans Studio Bandung (all.accor.com)

Solopos.com, SOLO -- Grup perhotelan Accor melanjutkan komitmennya mendukung usaha kecil menengah (UKM). Accor Hotel Group bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Smesco Indonesia untuk mendukung UKM.

Hal ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan UKM tentang “Kemitraan Dalam Promosi dan Pemanfaatan Produk Usaha Kecil dan Menengah untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Pada Bidang Jasa Perhotelan”.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian nota kesepahaman dengan Smesco Indonesia tentang “Pembentukan Kerja Sama dalam Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi pada Bidang Jasa Perhotelan.”

Penandatanganan kedua nota kesepahaman ini dilakukan oleh Senior Vice President Operations & Government Relations Accor Indonesia & Malaysia, Adi Satria; Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim; dan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (Smesco Indonesia), Leonard Theosabrata.

Baca Juga: Ini Bahan yang Paling Pas untuk Dijadikan Masker

Penandatanganan disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Ibis Bandung Trans Studio, Bandung, pada Sabtu (3/4/2021).

CEO Accor Southeast Asia, Japan, South Korea Garth Simmons di lokasi terpisah merasa bangga dan terhormat karena dapat melanjutkan komitmen grup untuk terus mendukung pemerintah melalui upaya pengembangan pelaku UKM demi pemulihan ekonomi khususnya di masa-masa yang penuh tantangan ini.

“Kami antusias untuk terlibat secara aktif mulai dari proses kurasi produk UKM kemudian mempromosikan dan memanfaatkan produk-produk tersebut di manapun hotel-hotel Accor berada di berbagai destinasi di Indonesia.”

“Saat ini Smesco Indonesia dan Accor Hotel Group Indonesia telah malakukan kurasi bersama produk UKM jenis kebutuhan resto, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home dekor, house hold serta minibar. Produk UKM yang telah terseleksi ini akan mengisi kebutuhan Accors Hotel Grup Indonesia yang berjumlah 150 hotel di seluruh Indonesia, " sebut Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata.

Baca Juga: Unik! Sepasang Burung Lovebird Jadi Mahar Pernikahan

Lebih lanjut, dipilihnya UKM Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pilot project penyertaan UKM masuk kedalam rantai pasok industri perhotelan nasional tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia. Terdapat 15.000 UKM Jawa Barat aktif terbesar dalam berbagai cluster produk.

Leonard Theosabrata menambahkan produk UKM juga diharapkan dapat berperan untuk hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia di antaranya Jawa Timur dan Banten.

Antusiasme UKM

Kurasi akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk UKM sudah bisa digunakan yang tentunya melalui kurasi bersama antara Smesco & Accor.

"Proses informasi kerja sama Smesco dan Accor melalui Dinas Koperasi & UKM di seluruh Indonesia yang penyebaran informasinya disosialisasikan melalui medsos dan proses pendaftaran melalui link secara online. Hingga kini antusias UKM untuk berpartisipasi sangat bagus, terdaftar lebih dari 600 UKM yang memiliki produk unggulan di bidang industri hotel," sebut Leonard.

Garth menambahkan selain melalui kerja sama dengan berbagai pihak, dukungan kepada UKM diberikan oleh hotel-hotel Accor di Indonesia melalui sebuah program bernama “Rediscover Indonesia” yang hadir di lebih dari 130 hotel-hotel Accor di 30 destinasi di Indonesia.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Kata Astrologi Jago Berimajinasi

Program ini menawarkan pengalaman menginap sambil menjelajahi seni dan budaya unik di Indonesia serta menikmati pengalaman lokal ikonik dengan produk dari para pelaku UKM yang telah dikurasi.

Rediscover Indonesia memungkinkan para tamu untuk menghargai dan mencintai alam, budaya, dan adat istiadat melalui empat pilar: kuliner, seni dan budaya, kesegaran dan kesehatan, serta destinasi, serta mendukung gerakan pemerintah #DiIndonesiaAja, #BanggaBuatanIndonesia, #BanggaBerwisataDiIndonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya