Dukung Pendaki Tunadaksa Asal Solo Punya Rumah, Ratusan Orang Tandatangani Petisi Online

Pendaki tunadaksa dari Solo, Sabar Gorky muncul dalam petisi online berjudul Rumah untuk Sabar Gorky yang ditandatangani ratusan orang.
Dukung Pendaki Tunadaksa Asal Solo Punya Rumah, Ratusan Orang Tandatangani Petisi Online
SOLOPOS.COM - Sabar Gorky saat berada di puncak Cartenz, Papua beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pendaki tunadaksa bernama Sabar Gorky yang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di Seven Summits, seperti Puncak Cartensz di Papua, Gunung Elbrus di Rusia dan Puncak Gunung Kilimanjaro di Tanzania muncul dalam petisi online yang membutuhkan bantuan dari Presiden Jokowi.

Sabar Gorky yang juga peraih medali emas di cabang olahraga panjat dinding di Korea Selatan 2009 ini, selama pandemi Covid-19 tak bisa berbuat apa-apa.

Beberapa rencana ekspedisi ke Carstensz dan Puncak Vinsos Massif yang semula dilakukan 2020 ditunda sampai waktu tak tentu. Untuk menyambung kebutuhan hidupnya, ia membuat kedai kopi, namun sekarang tak lagi berjalan. Kini, ia terlibat di Korps Relawan Peduli Sungai (Karsa) Soloraya.

Baca Juga: Bayangan Hitam Misterius Terekam CCTV di Wonogiri Datang dari Jalan, Masuk Rumah, Lalu Keluar

Dalam petisi Pendaki Tunadaksa Puncak Cartensz dan Elbrus, Sabar Gorky Menunggu Bantuan Pemerintah di situs Change.org itu, diterangkan untuk memenuhi kebutuhan hidup, Sabar menjual beberapa perlengkapan mendakinya.

“Menghadapi pandemi ini, saya sangat bingung. Saya sangat berharap mudah-mudahan ada yang peduli, terus terang semoga Pak Jokowi atau pemerintah ada kelonggaran memikirkan nasib saya dengan memberikan rumah, mudah-mudahan,” kata Sabar yang kini tinggal di rumah kontrakan di Solo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Kepuasan Masyarakat Terhadap Vaksinasi Tinggi, Tapi Pelayanan Masih Perlu Diperbaiki

Petisi ini dibuat pada satu minggu lalu oleh akun Dian Andryanto. Dalam keterangan petisi itu, Dian meminta masyarakat memberi dukungan kepada Sabar Gorky untuk mendapatkan rumah.

“Beri dukungan untuk Sabar Gorky mendapatkan rumah yang layak ia dapatkan. Pendaki tunadaksa ini telah mengibarkan Merah Putih di puncak tertinggi di dunia, Seven Summits,” tulis dia.

Hingga Sabtu (25/9/2021), petisi tersebut telah ditandatangani oleh 169 dari 200 orang.

Baca Juga: 3 Tahun Pimpin Kabupaten Madiun, Ini Pencapaian Kaji Mbing-Hari Wuryanto

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago